Kamis 07 Jun 2012 12:35 WIB

Belanda Kehilangan Bek Joris Mathijsen

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Joris Mathijsen
Foto: Sky Sports
Joris Mathijsen

REPUBLIKA.CO.ID, ROTTERDAM -- Timnas Belanda dipastikan tidak diperkuat Joris Mathijsen dalam laga pembuka Grup B Piala Eropa 2012 kontra Denmark, Sabtu (9/6).

Palang pintu Malaga tersebut harus berkutat dengan perawatan medis setelah mengalami cedera hamstring. Cedera Mathijsen terjadi usai laga persahabatan Belanda melawan Bulgaria, akhir pekan lalu.

Pelatih timnas Belanda Bert van Marwijk menyatakan, tidak akan mengambil risiko untuk menurunkan bek gaek tersebut. Karena itu ia memastikan bakal mengistirahatkan Mathijsen ketika De Oranye melawan tim Dinamit.
Van Marwijk masih mencari pengganti bagi pemain tersebut. Bek senior PSV Eindhoven Wilfred Bouma, diperkirakan bakal menjadi kandidat kuat untuk mengisi daftar line up di belakang, karena unggul faktor pengalamannya.
“Tetap ada peluang Joris akan pulih tepat waktu dan bisa turun melawan Jerman. Namun, untuk melawan Denmark, dia tak akan bermain,” katanya kepada Reuters, Kamis (7/6).
Van Marwijk memprediksi, kebugaran Mathijsen pada laga pembuka Grup B masih 80 persen. Kalau dipaksakan bermain, ia takut malah di laga berikutnya tidak bisa diturunkan akibat cederanya tambah hebat. “Mathijsen memerlukan waktu lebih dari yang kami harapkan agar pulih.”
Dia membuka opsi, kalau memang sesuai pemeriksaan tim medis cedera yang dialami Mathijsen lebih parah, maka opsi memanggil pemain baru akan dilakukannya.
“Kami akan memutuskan dalam dua hari ke depan apakah dia bertahan dengan skuat ini, atau harus memanggil seorang pengganti,” ujar van Marwijk.
Dia menyadari, Mathijsen yang berumur 32 tahun memang rentan terhadap cedera. Apalagi selama musim 2011/2012, dia berlatih sendiri lantaran cedera yang dialaminya kambuh-kambuhan.
Namun karena stok lini belakang Belanda yang memerlukan bek pengalaman, maka van Marwijk mengambil risiko untuk memanggil bek veteran tersebut. “Saya mengambil risiko, tapi kita lihat saja dalam dua hari ke depan.”

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍۘ مِنْهُمْ مَّنْ كَلَّمَ اللّٰهُ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجٰتٍۗ وَاٰتَيْنَا عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنٰتِ وَاَيَّدْنٰهُ بِرُوْحِ الْقُدُسِۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلَ الَّذِيْنَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ مِّنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ وَلٰكِنِ اخْتَلَفُوْا فَمِنْهُمْ مَّنْ اٰمَنَ وَمِنْهُمْ مَّنْ كَفَرَ ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا اقْتَتَلُوْاۗ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يُرِيْدُ ࣖ
Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian mereka dari sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang (langsung) Allah berfirman dengannya dan sebagian lagi ada yang ditinggikan-Nya beberapa derajat. Dan Kami beri Isa putra Maryam beberapa mukjizat dan Kami perkuat dia dengan Rohulkudus. Kalau Allah menghendaki, niscaya orang-orang setelah mereka tidak akan berbunuh-bunuhan, setelah bukti-bukti sampai kepada mereka. Tetapi mereka berselisih, maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) yang kafir. Kalau Allah menghendaki, tidaklah mereka berbunuh-bunuhan. Tetapi Allah berbuat menurut kehendak-Nya.

(QS. Al-Baqarah ayat 253)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement