Kamis 03 Oct 2019 15:38 WIB

Ayah Beyonce Didiagnosis Kanker Payudara, Apa Gejalanya?

Kanker payudara juga bisa mengusik pria, seperti yang dialami ayah Beyonce.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Meski penyakit kanker payudara didominasi penderita Kaum Hawa, ada satu persen diantaranya merupakan pria.
Foto: pixabay
Meski penyakit kanker payudara didominasi penderita Kaum Hawa, ada satu persen diantaranya merupakan pria.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayah Beyonce, Mathew Knowles, telah mengumumkan bahwa dia telah didiagnosis mengidap kanker payudara. Pria berusia 67 tahun itu akan menceritakan perjuangannya melawan kanker payudara dalam sebuah acara televisi di Amerika.

Sebelumnya, Mathew juga sempat mengunggah cicitan di akun Twitter-nya bahwa ia akan mengumumkan sesuatu. Pengusaha itu mengungkapkan diagnosisnya pada hari pertama di bulan Kesadaran Kanker Payudara yang berlangsung sepanjang Oktober.

Baca Juga

Kanker payudara memang lebih sering dikaitkan dengan wanita, meski pria juga masih bisa terserang penyakit ini. Walaupun payudara anak laki-laki tidak membesar seperti anak perempuan, mereka masih memiliki sejumlah jaringan di belakang puting yang menjadi tempat berkembangnya kanker payudara.

"Sampai masa pubertas, jaringan payudara pada anak laki-laki dan perempuan adalah sama. Keduanya memiliki sejumlah kecil jaringan payudara di belakang puting dan areola (area kulit yang lebih gelap di sekitar puting)," demikian pernyataan Macmillan Cancer Support, dilansir Independent, Kamis (3/10).

Menurut keterangan dari badan amal tersebut, jaringan payudara laki-laki terdiri dari beberapa saluran kecil yang dikelilingi oleh jaringan lemak, jaringan ikat, pembuluh darah, dan pembuluh limfatik. Menurut Cancer Research UK, sekitar 390 pria didiagnosis kanker payudara setiap tahun di Inggris.

Pria yang berusia antara 60 dan 70 lebih cenderung rawan terkena kanker payudara. Gejala kanker payudara pada pria yang paling umum adalah adanya benjolan di dekat atau sekitar puting. Gejala lainnya termasuk ada cairan keluar, puting terasa sensitif, pembengkakan di daerah dada, bisul di daerah dada atau puting atau kelenjar getah bening di daerah ketiak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement