Rabu 30 Oct 2019 20:30 WIB

Dispora Surabaya Segera Tangani Kerusakan Stadion GBT

Setiap pemohon pemakai Stadion GBT sudah menyetujui klausul harus bertanggung jawab.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Israr Itah
Suporter Persebaya membakar papan sponsor usai pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya dan PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/10). Kericuhan tersebut terjadi karena kekecewaan para suporter Persebaya usai timnya kalah 2-3 atas PSS Sleman.
Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim
Suporter Persebaya membakar papan sponsor usai pertandingan Liga 1 2019 antara Persebaya dan PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (29/10). Kericuhan tersebut terjadi karena kekecewaan para suporter Persebaya usai timnya kalah 2-3 atas PSS Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya Afghani Wahardana menyatakan pihaknya bisa segera menangani kerusakan-kerusakan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), setelah dirusak oleh sekelompok oknum suporter Persebaya Surabaya. Kerusuhan yang terjadi pada Selasa (29/10) petang, menurutnya kecil dan kerusakannya bisa ditangani dengan cepat.

"Insya Allah bisa tertangani semuanya. Rumput yang barangkali ada yang terbakar Insya Allah bisa ditangani. Lintasan atletik yang kemarin dipakai bakar-bakar juga bisa ditangani. Ada jendela yang pecah, hampir semuanya bisa ditangani Dispora Surabaya," kata Afghani saat meninjau kerusakan Stadion GBT, Rabu (30/10).

Baca Juga

Afghani menjelaskan, Dispora Surabaya memiliki tim Satgas Dispora yang bertugas memperbaiki kerusakan-kerusakan fasilitas saat ada event tertentu. Karena, kata dia, setiap digelar event olahraga tertentu, biasanya selalu ada kerusakan, meskipun tidak berat.

"Memang tidak terlalu besar anggarannya (yang dimiliki Satgas Dispora). Tapi Insya Allah bisa menutup semua kerusakan di sini. Yang paling penting adalah setiap event pertandingan seperti ini ada dinamika bahwa ada sedikit kerusakan. Pemkot Surabaya siap menyelesaikan," ujar Afghani.

Afghani menegaskan, setiap pemohon pemakai Stadion GBT sudah menyetujui klausul harus bertanggung jawab atas setiap kerusakan yang terjadi dalam penggunaannya. Artinya, seluruh kerusakan harus ditanggung oleh panitia penyelenggara pertandingan Persebaya kontra PSS.

"Tentu 100 persen panitia pelaksana (yang tanggung jawab). Meski kami pun bisa menutup semua," ujar Afghani.

Oknum suporter Persebaya, Bonek Mania membuat kericuhan usai tim yang mereka dukung dikalahkan PSS Sleman dengan skor 2-3 dalam pertandingan pekan ke-25 Liga 1 2019, Selasa (29/10). Tepat setelah wasit Thoriq Al Katiri meniup peluit akhir, beberapa suporter berlari ke tengah lapangan dan mendekati para pemain Persebaya untuk melancarkan protes.

Aksi suporter semakin menjadi-jadi di tengah lapangan, antara lain merusak papan iklan, bangku tim, jaring gawang, dan sarana serta fasilitas lainnya. Aparat keamanan tidak bisa berbuat banyak dan suporter yang semakin marah membakar papan-papan iklan dan spanduk di lapangan hingga asap pekat membubung tinggi dari dalam stadion.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement