Ahad 15 Dec 2019 00:30 WIB

Main Imbang Vs Sociedad, Barca Terancam Digeser Real Madrid

Barcelona mengoleksi 35 poin, hanya terpaut satu poin dari Real Madrid.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Lionel Messi dikepung para pemain Real Sociedad.
Foto: EPA/JUAN HERRERO
Lionel Messi dikepung para pemain Real Sociedad.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN SEBASTIAN -- Barcelona hanya mampu bermain imbang menghadapi Real Sociedad dengan skor 2-2 di Stadion Anoeta, Sabtu (14/12) malam WIB. Hasil imbang membuat Barcelona terancam tergeser dari puncak klasemen La Liga Spanyol oleh Real Madrid yang akan menghadapi Valencia, Senin (16/12) dini hari WIB.

Di klasemen sementara La Liga, Barcelona mengoleksi 35 poin, hanya terpaut satu poin dari Real Madrid. Jika Los Blancos mampu mengatasi Valencia nanti, otomatis  akan mendepak La Blaugrana yang sudah berada di puncak sejak awal musim.

Baca Juga

Tempo pertandingan Barca kontra Real Sociedad langsung tinggi di awal babak pertama. Berstatus tuan rumah, Sociedad membuka peluang pertama lewat tendangan jarak jauh Mikel Oyarbazal yang masih melebar ke atas gawang kiper Ter Stegen.

Tekanan tuan rumah terus menjadi hingga Sergio Busquets terpaksa melanggar pemain lawan di dalam kotak penalti. Mikel Oyarbazal yang dipercaya sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan itu dan mengawali keunggulan tuan rumah di menit ke-12.

Sociedad yang diisi pemain muda seperti Martin Odegaard menerapkan strategi menekan dengan memanfaatkan serangan balik. Sedangkan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menggunakan formasi 4-3-3 agar dapat mudah mengendalikan sisi lapangan.

Formasi Barca tersebut terbukti berhasil di akhir paruh pertama. Berawal dari kerja sama dengan Luis Suarez, Antoine Griezmann berhasil menyamakan kedudukan lewat sontekan terarah ke sisi kanan gawang pada menit ke-38.

Tak butuh waktu lama bagi Barcelona untuk membalikkan keadaan. Di menit ke-49, giliran Suarez menyarangkan bola ke sisi kiri gawang hasil operan Lionel Messi. Barca memegang kendali pertandingan selama beberapa menit dengan penguasaan bola mencapai 65 persen.

Namun, tuan rumah enggan dipermalukan di depan pendukungnya sendiri ketika Alexander Isak berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan kaki kiri di menit ke-62.

Klasemen La Liga Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement