Rabu 15 Jan 2020 03:05 WIB

Banjarmasin Giatkan Program Mendongeng

Mendongeng upaya mencerdaskan anak bangsa dan gemar membaca.

Red: Ani Nursalikah
Banjarmasin Giatkan Program Mendongeng. Mendongeng (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Alfarisi
Banjarmasin Giatkan Program Mendongeng. Mendongeng (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin Ahmad Husaini menyatakan menggiatkan program mendongeng bagi anak-anak dalam upaya mencerdaskan anak bangsa dan gemar membaca. Bahkan program mendongeng bagi anak-anak ini menjadi program unggulan yang dipusatkan di panggung samping perpustakaan milik pemerintah kota di Siring Sungai Martapura di Jalan Pierre Tendean.

Namun demikian, kegiatan mendongeng ini juga dilakukan ke sekolah-sekolah dan tempat di mana mobil perpustakaan keliling hadir. "Sejak tahun lalu kita giatkan, bahkan tahun ini akan kita intensif lagi," ujarnya A Husaini.

Baca Juga

Tahun ini pun, dia akan tetap menggandeng pendongeng andal baik dari seniman maupun dari mahasiswa. "Ramai sekali saat kita gelar acara mendongeng itu, khususnya saat hari-hari libur, di mana objek wisata Siring itu lagi ramai pengunjung," ujarnya.

Dongeng-dongeng yang disampaikan banyak bertema sejarah, baik sejarah perjuangan, orang-orang hebat, kisah kehidupan binatang, maupun budaya yang bernilai pendidikan. "Disampaikannya penuh dengan canda, hingga anak-anak suka dan gembira mendengar, karena banyak juga anak-anak yang masih TK," ujarnya.

A Husain menyebutkan kegiatan mendongeng ini untuk mencerdaskan anak bangsa dan gerakan gemar membaca. "Pimpinan kita juga mengamanatkan untuk menggiatkan kegiatan mendongeng bagi anak ini," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement