Jumat 24 Jan 2020 19:12 WIB

Fitch Rilis Peringkat Investment Grade, Apa Hasilnya?

Fitch garis bawahi masih tingginya ketergantungan pada sumber pembiayaan eksternal.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolanda
Bank Indonesia
Foto: Prayogi/Republika
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) mengafirmasi peringkat sovereign credit rating Indonesia pada level BBB atau outlook stabil (investment grade) pada 24 Januari 2020. Bank Indonesia menanggapinya positif.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyatakan afirmasi rating Indonesia pada level BBB dengan outlook stabil merupakan bentuk pengakuan Fitch atas kondisi perekonomian Indonesia yang berdaya tahan di tengah dinamika perekonomian global. Ini didukung sinergi bauran kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan pemerintah.

"Ke depan, Bank Indonesia akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif dan memperkuat koordinasi dengan Pemerintah guna mendorong momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia," katanya melalui keterangan pers, Jumat (24/1).

Menurut pandangan Fitch, beberapa faktor kunci yang mendukung afirmasi rating tersebut adalah prospek pertumbuhan ekonomi jangka menengah yang baik. Juga beban utang pemerintah yang relatif rendah dibandingkan negara peers dengan rating yang sama.