Rabu 05 Feb 2020 17:15 WIB

Mereka yang Menyakiti Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menghadapi banyak orang yang menyakitinya.

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Muhammad Hafil
Mereka yang Menyakiti Nabi Muhammad. Foto: Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: smileyandwest.ning.com
Mereka yang Menyakiti Nabi Muhammad. Foto: Kaligrafi Nama Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Sungguh beruntung orang-orang yang pernah berjumpa langsung dengan baginda Rasulullah Muhammad SAW. Keberuntungan itu tentu hanya berlaku bagi mereka yang beriman dan menyatakan diri sebagai Muslim.

Adapun yang menolak atau justru menentang dakwah Islam, tidak masuk kategori demikian. Buku Para Penentang Muhammad SAW yang merupakan karya kolaboratif dari Misran Jusan dan Armansyah membicarakan tentang sosok-sosok musuh agama ini pada zaman Nabi SAW.

Baca Juga

Sejauh ini, buku setebal 336 halaman tersebut diklaim para penulisnya sebagai satu-satunya buku yang mengulas para penentang dakwah Muhammad SAW. Pengakuan tersebut mungkin tak bermaksud hiperbolis. Sebab, yang marak beredar ialah buku-buku ihwal sejarah Rasulullah SAW (sirah nabawiyah) dan para sahabat beliau.

Adapun keterangan mengenai sosok-sosok yang memusuhi sang khatamul anbiya cenderung dimasukkan ke dalam pembahasan sirah. Mungkin, benar adanya, belum muncul karya yang secara khusus melakukan elaborasi tentang para musuh Islam pada zaman dakwah Nabi SAW, baik selama di Makkah maupun Madinah, kecuali buah tangan Misran dan Armansyah ini.