Rabu 18 Mar 2020 13:37 WIB

KPAI: Pembelajaran Daring Buat Anak Stres dan Kelelahan

KPAI menilai guru salah menerapkan konsep home learning.

Rep: Mabruroh/ Red: Andri Saubani
Siswa SD mengerjakan tugas sekolah saat pembelajaran mandiri di rumahnya di Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (18/3/2020). (ANTARA/Saiful Bahri )
Foto: ANTARA/Saiful Bahri
Siswa SD mengerjakan tugas sekolah saat pembelajaran mandiri di rumahnya di Pamekasan, Jawa Timur, Rabu (18/3/2020). (ANTARA/Saiful Bahri )

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima pengaduan sejumlah orang tua siswa yang mengeluhkan tugas-tugas yang dibagikan guru kepada anak-anak mereka secara daring (online). Anak-anak justru stres karena mendapatkan berbagai tugas setiap hari dari gurunya.

"Kemungkinan besar, para guru memahami home learning adalah dengan memberikan tugas-tugas secara online, dan pengumpulannya pun online. Alhasil para siswa dan orang tua mengeluh," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti dalam siaran pers, Rabu (18/3).

Baca Juga

Retno menduga guru banyak yang gagal paham dengan maksud dari home learning. Padahal, maksud belajar dari rumah sesungguhnya adalah memberikan aktivitas belajar rutin pada para siswa agar tetap terbiasa belajar dan menjaga keteraturan.

Dengan keteraturan itu, diharapkan anak-anak ketika masuk sekolah kembali semangat belajarnya tidak padam dan materi pembelajaran tidak tertinggal. "Jadi ritmenya bisa diatur bukan malah membuat anak tertekan, perasaan tertekan dan kelelahan justru dapat berdampak pada penurunan imun pada tubuh anak," kata Retno.