Menyiapkan Diri Jelang Ramadhan di Tengah Corona

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 19 Mar 2020 10:46 WIB

Menyiapkan Diri Jelang Ramadhan di Tengah Corona. Warga muslim melakukan salat di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). (ANTARA/Suwandy) Foto: ANTARA/Suwandy Menyiapkan Diri Jelang Ramadhan di Tengah Corona. Warga muslim melakukan salat di Masjid Agung Al-Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). (ANTARA/Suwandy)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan sudah dekat, tetapi bagi banyak orang waktu yang menyenangkan dalam Ramadhan tahun ini sekarang penuh dengan kecemasan dan ketidakpastian. Hal itu lantaran merebaknya virus corona jenis baru (Covid-19).

Banyak yang bertanya-tanya apakah akan ada shalat tarawih di masjid, apakah bisa berbuka puasa bersama kerabat dan teman-teman seperti yang biasa mereka lakukan, padahal berkumpul bersama banyak orang sangat tidak disarankan di tengah wabah ini. Dilansir di About Islam, Kamis (19/3), banyak negara memerintahkan warga mengurangi aktivitas di luar rumah.

Baca Juga

Bahkan tak sedikit negara yang melakukan tindakan lockdown. Tak tekecuali aktivitas keagamaan, seperti shalat Jumat, halaqah, dan aktivitas kemasjidan lainnya. Pengurangan aktivitas ini pun membuat umat Muslim khawatir mengenai pelaksanaan aktivitas keagamaan di bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Jika rekomendasi saat ini untuk menghindari pertemuan besar tetap ada, mungkinkah ibadah tersebut bisa dilaksanakan secara normal?

Bahkan suplai makanan tidak seaman seperti biasanya, orang-orang panik dan mengisi persediaan makanan mereka. Ini adalah masalah nyata, tidak diragukan lagi.