Selasa 14 Apr 2020 16:58 WIB

Dari Wabah Pes, Influenza hingga Corona di Indonesia

Masyarakat Indonesia di masa kolonial pernah merasakan terlebih dulu.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Agus Yulianto
Kawasan Kajoetangan, Kota Malang di masa lalu.
Foto: Dok. KITLV
Kawasan Kajoetangan, Kota Malang di masa lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, Jumlah kasus Covid-19 terus meningkat dari hari ke hari. Kasus yang semula hanya menjangkiti dua orang, kini dia telah menginfeksi 4.557 orang per 13 April 2020. Angka ini diprediksi akan meningkat dalam beberapa hari ke depan.

Berbicara tentang wabah, Indonesia sebenarnya bukan pertama kali mengalaminya. Jauh sebelum virus Corona atau Covid-19 tiba di Indonesia, masyarakat di masa kolonial Belanda telah terlebih dulu merasakannya. Dua wabah tersebut yakni pes dan influenza.

Sejarawan Syefri Lewis mengungkapkan, wabah pes sebenarnya pertama kali dilaporkan terjadi di Indonesia (dulu Hindia Belanda) pada 1905. Dua kuli dilaporkan terjangkit penyakit ini di Pelabuhan Bandar Deli, Sumatera Utara (Sumut).

"Masalahnya adalah pemerintah kolonial tidak peduli dengan urusan tersebut karena korban cuman dua orang, hanya kuli jadi dianggap angin lalu saja. Padahal ada beberapa saran bahwa ini bisa saja kejadian di Hindia Belanda," kata Syefri di kegiatan diskusi dalam jaringan (daring).