Senin 27 Apr 2020 16:50 WIB

Ciri dan Penanganan Disleksia pada Anak

Disleksia adalah gangguan pada kemampuan membaca, menulis maupun mengeja.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Disleksia adalah gangguan pada kemampuan membaca, menulis maupun mengeja (Foto: ilustrasi disleksia)
Foto: Wikimedia
Disleksia adalah gangguan pada kemampuan membaca, menulis maupun mengeja (Foto: ilustrasi disleksia)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Anak-anak dapat mengikuti pelajaran sekolah dengan percaya diri apabila dapat menyelesaikan tugas dengan mudah, tepat waktu, dan mendapat nilai bagus. Di sisi lain, anak-anak yang mengalami kesulitan belajar seperti disleksia seringkali menjadi frustrasi dan tidak dapat mengikuti proses belajar di sekolah.

Disleksia adalah gangguan pada kemampuan membaca, menulis maupun mengeja. Berdasarkan data Dyslexia Association of Singapore (DAS), diperkirakan ada sekitar 10 persen dari total populasi dunia menderita disleksia.

Baca Juga

Director of Specialised Educational Services DAS, Edmen Leong mengatakan, minimnya pengetahuan terkait disleksia pada akhirnya menjadi mimpi buruk bagi anak, sebab mereka sering dianggap sebagai anak bodoh atau malas. Padahal disleksia tidak memengaruhi tingkat kecerdasan seseorang.

"Seperti anak-anak lain, anak dengan disleksia memiliki kekuatan dan kelemahan yang unik, mereka mungkin mengalami kesulitan dalam pengembangan tata bahasa tetapi sangat berbakat di bidang lainnya," kata Leong dalam pernyataan resmi yang diterima republika.co.id, Senin (27/4).