Selasa 19 May 2020 19:56 WIB

Ini Alasan Distribusi Bansos di Karsamenak Dikerumuni Warga

Pihak kelurahan sudah membuat aturan pendistribusian, namun semua minta didahulukan

Rep: Bayu Adji P/ Red: Hiru Muhammad
ratusan warga mengantri guna memperoleh bansos di Kelurahan Karsamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, pada Selasa (19/5), menimbulkan kerumunan.
Foto: istimewa
ratusan warga mengantri guna memperoleh bansos di Kelurahan Karsamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, pada Selasa (19/5), menimbulkan kerumunan.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Distribusi bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) senilai Rp 600 ribu di Kelurahan Karsamenak, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, pada Selasa (19/5), menimbulkan kerumunan. Warga yang mengantre ingin mendapatkan bansos tak terkontrol, sehingga tak mematuhi protokol kesehatan jaga jarak (physical distancing).

Lurah Karsamenak, Yudi Kusumahadi mengaku tak bisa berbuat banyak untuk menahan antusiasme warga yang ingin mencairkan bansos. Sebab, waktu pencairan hanya dapat dilakukan pada hari itu.

"Untuk pembagian bansos Kemensos ini Karsamenak mendapatkan kuota 1.508 KK. Waktunya, satu hari harus selesai," kata dia kepada Republika, Selasa (19/5).

Pihak kelurahan sebenarnya telah membuat mekanisme pendistribusian agar tertib dan tetap sesuai protokol kesehatan. Menurut dia, pendistribusian bansos awalnya dibagi ke dalam beberapa shift, yaitu dari pagi hingga sore hari. Sementara warga yang belum mendapatkan giliran dapat kembali pada malam hari selepas Magrib.