Ahad 31 May 2020 00:10 WIB

Ketika Kerinduan Jamaah Sholat Jumat ke Masjid Terobati

Sampai Sholat Jumat selesai, protokol covid di Masjid Darul Jadid berjalan baik.

Rep: Febrian Fachri / Red: Agus Yulianto
Sejumlah umat Islam melakukan ibadah Sholat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan.
Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah umat Islam melakukan ibadah Sholat Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pukul 12.18 WIB, satu persatu jamaah masuk ke Masjid Darul Jadid di jalan Beringin Raya No.34, Lolong Belanti, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, pada hari Jumat (29/5). Di masjid yang dominan dengan cat warna kuning itu sudah mulai menggelar ibadah sholat Jumat berjamaah. Dalam sepekan akhir Ramadhan, pengurus Masjid Darul Jadid sudah mulai menggelar sholat berjamaah.

Jamaah masuk secara tertib bergantian masuk ke masjid melalui pintu di sisi kanan. Di pintu masuk sudah ada petugas yang memeriksa suhu jamaah dengan thermo gun. Usai cek suhu, jamaah juga diminta memoles tangan dengan handsanitizer.

Bagi jamaah yang tidak membawa masker, akan diberikan masker kain yang sudah disediakan pengurus. Sehingga semua jamaah yang masuk ke Masjid Darul Jadid dipastikan memakai masker.

Kemudian jamaah yang didapati dalam kondisi suhu tubuh 37,5 Celcius ke atas akan dicegah ikut sholat Jumat berjamaah. Karena berpotensi terjangkit virus corona. Tapi sejak Masjid Darul Jadid kembali dibuka untuk ibadah berjamaah, menurut penuturan petugas masjid belum ada jamaah yang memiliki suhu tubuh 37,5 Celcius ke atas.