REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kini, pesan makanan bisa jadi kegiatan seru. Grab Delivery Doodles menggunakan teknologi artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang menyulap gambar makanan favorit anak-anak menjadi pesanan makanan sesungguhnya melalui layanan GrabFood.
Teknologi itu menggunakan bantuan kecerdasan buatan Google. Managing Director, Asia-Pacific Operations, Google, Aurélien Pichon menjelaskan teknologi pendukung Grab Delivery Doodles adalah model machine learning yang dikostumisasi dan dibangun menggunakan tensorflow.js. Teknologi itu dijalankan dalam sebuah perangkat secara near real-time.
“Fitur bisa membantu hilangkan kebosanan di rumah, seraya membantu keberlangsungan bisnis di seluruh kawasan,” kata Pichon dalam keterangan tertulisnya yang diterima republika.co.id, Senin (1/6).
Anak-anak hanya perlu menggambar makanan yang diinginkan, misalnya kue, pizza, donat, es krim. Kemudian, pindai gambar menggunakan fitur Delivery Doodles terbaru dalam aplikasi Grab.
Delivery Doodles akan memprediksi gambar makanan tersebut, kemudian memberikan rekomendasi sejumlah restoran terdekat yang memiliki makanan dalam daftar menu mereka untuk diantarkan ke pelanggan. GrabFood Delivery Doodles tersedia sebagai pilot project di Malaysia, Vietnam, dan Indonesia.
GrabFood Delivery Doodles dibangun berdasarkan model machine learning yang mampu mengenali berbagai gambar hidangan lokal seperti martabak, nasi goreng, pisang goreng, dan ayam geprek. Lebih dari 10 ribu gambar disumbangkan para karyawan Grab, Google, serta kerabatnya untuk membantu “mengajarkan” sistem komputer dalam mengenali beragam jenis gambar anak-anak.
“Kami sangat senang dapat menawarkan pengalaman baru yang menyenangkan untuk keluarga Indonesia lewat pemanfaatan teknologi,” ujar Country Head of Marketing, Grab Indonesia, Daniel Van Leeuwen.
Dengan fitur GrabFood Delivery Doodles, dia mengatakan anak-anak Indonesia dapat mengubah gambar beragam jenis santapan favorit khas Nusantara menjadi pesanan makanan. Dia mengatakan fitur itu menjadi wujud dukungan terhadap mitra merchant perusahaan.