Rabu 17 Jun 2020 22:54 WIB

Empat Stasiun Terpadu TOD di Jakarta Diresmikan

Peresmian empat stasiun terpadu TOD ini merupakan proyek kolaborasi antara pemerintah

Rep: Amri Amrullah / Red: Agus Yulianto
Menteri BUMN Erick Thohir  bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan usai peresmian stasiun terpadu di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Rabu (17/6). Program penataan kawasan stasiun terpadu ini adalah bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta,Demi mewujudkan layanan di bidang transportasi massal yang terintegrasi dan pelayanan masyarakat berjalan optimal
Foto: Prayogi/Republika
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan usai peresmian stasiun terpadu di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Rabu (17/6). Program penataan kawasan stasiun terpadu ini adalah bentuk sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah DKI Jakarta,Demi mewujudkan layanan di bidang transportasi massal yang terintegrasi dan pelayanan masyarakat berjalan optimal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat stasiun terpadu yang diistilahkan Transit Oriented Terminal (TOD) di Jakarta diresmikan. Empat stasiun terpadu yang jadi TOD diresmikan ini adalah Stasiun Tanahabang, Stasiun Sudirman, Stasiun Senen dan Stasiun Juanda.

Peresmian empat stasiun terpadu TOD ini merupakan proyek kolaborasi antara pemerintah pusat seperti Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hadir dalam acara peresmian empat stasiun terpadu dengan konsep TOD ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Wagub DKI dan Dirut PT KAI, MRT dan Transjakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pengembangan stasiun di Jakarta kini memasuki babak baru, dimana sudah empat stasiun telah resmi bisa digunakan sebagai stasiun yang terintegrasi. Stasiun terintegrasi berkonsep TOD ini, kata dia, untuk memudahkan masyarakat dan warga yang beraktivitas di Jakarta.

"Harapannya nanti mereka yang tinggal di Jakarta berkegiatan di Jakarta bisa lebih produktif bisa lebih efisien. Dan insya Allah manfaatnya akan dirasakan ketika banyak warga yang menggunakan angkutan umum," kata Anies saat meresmikan empat stasiun TOD di Stasiun Sudirman, Rabu (17/6).