Jumat 17 Jul 2020 11:30 WIB

Ilmuwan Temukan Bakteri yang Memakan Logam

Ilmuwan menemukan bakteri yang memakan Mangan sebagai sumber energi.

Rep: Eva Rianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Bakteri/Ilustrasi
Foto: Reuters
Bakteri/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Para ilmuwan telah menemukan jenis bakteri yang memakan dan mendapatkan energi dari logam. Penemuan tersebut sudah dicurigai selama lebih dari seabad yang lalu, tetapi belum pernah terbukti.

Ahli Mikrobiologi dari California Institute of Technology (Caltech) secara tidak sengaja menemukan bukti ini setelah melakukan percobaan menggunakan logam sejenis Mangan (Mn), seperti kapur, unsur kimia yang umum ditemukan.

Baca Juga

Jared Leadbetter, Profesor Mikrobiologi Lingkungan di Caltech di Pasadena  meletakkan toples kaca yang ditutup dengan zat atau bahan untuk direndam dalam air keran di wastafel kantornya. Dia lalu meninggalkannya selama beberapa bulan saat pergi bekerja di luar kampus. Ketika kembali, Leadbetter menemukan toples sudah terlapisi dengan bahan gelap.

“Saya berpikir, ‘apa itu?’,” Leadbetter menjelaskan dalam siaran pers, dikutip dari CNN. “Saya mulai bertanya-tanya apakah mikroba yang lama dicari mungkin bertanggung jawab, jadi kami secara sistematis melakukan tes untuk mengetahui hal itu,” ucap dia.