Ahad 30 Aug 2020 05:55 WIB

Lebih Untung Investasi Emas atau Reksa Dana? Ini Penjelasannya

Investasi emas atau reksa dana sama-sama memberi keuntungan.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Cermati
Cermati

Reksa dana dan emas adalah dua jenis instrumen investasi berisiko rendah, tetapi memberikan imbal balik yang cukup menarik. Yang pasti keuntungan keduanya di atas bunga deposito dan tabungan. Jika Anda memiliki kedua jenis investasi ini, tentu paham betul kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, bagi Anda yang baru saja akan memulai, pasti akan bertanya, manakah yang lebih untung untuk investasi? Reksa dana atau emas?

Reksa dana baru muncul seiring dengan hadirnya pasar modal dan bursa saham. Jenis investasi ini termasuk yang paling kecil risikonya dibandingkan investasi lain di pasar modal, semisal saham. Karena belum banyak yang tahu, wajar saja bila orang-orang yang mengerti instrumen investasi ini masih sedikit.

Sementara emas sudah jauh lebih lama dikenal sebagai investasi sejak zaman orang tua dulu. Mereka biasa menyimpan aset dalam bentuk emas atau tanah. Sampai saat ini emas masih dinilai sebagai investasi yang diminati dan mudah dicairkan. Selain itu, harga emas diprediksi masih memiliki potensi untuk naik dan lebih aman dibandingkan investasi lain.

Ulasan di bawah ini akan memberikan gambaran sisi plus dan minus kedua jenis instrumen investasi tersebut. Terlebih reksa dana yang belum banyak dikenal orang agar mereka dapat mengenal lebih jauh tentang investasi reksa dana tersebut.