Selasa 20 Oct 2020 08:51 WIB

Sejarah Hari Ini: Diktator Moammar Gaddafi Dibunuh

Moammar Gaddafi ditangkap dan dibunuh oleh pasukan pemberontak di Sirte Libya

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Moammar Gaddafi
Moammar Gaddafi

REPUBLIKA.CO.ID, TRIPOLI -- Pada 20 Oktober 2011, pemimpin terlama di Afrika dan dunia Arab, Moammar Gaddafi ditangkap dan dibunuh oleh pasukan pemberontak di Sirte, Libya. Diktator eksentrik berusia 69 tahun itu memimpin pemerintahan Libya dan dituduh melakukan banyak pelanggaran hak asasi manusia terhadap rakyatnya sendiri.

Selama lebih dari 40 tahun, sejak 1969 hingga 2011, Libya berada di bawah pemerintahan seorang sang diktator. Dia juga dituduh dalang terkait dengan serangan teroris, termasuk pengeboman 1988 terhadap pesawat jet Pan Am.Lockerbie, Skotlandia.

Baca Juga

Gaddafi menjadi sosok yang sangat kontroversial, yang suka bepergian dengan kontingen pengawal perempuan, mengenakan jubah dan topi warna-warni atau seragam militer yang ditutupi medali. Dalam perjalanan ke luar negeri, ia mendirikan tenda bergaya Badui untuk menerima tamu.

Setelah lebih dari 40 tahun berkuasa, Gaddafi melihat rezimnya mulai runtuh pada Februari 2011, ketika protes anti-pemerintah pecah di Libya menyusul pemberontakan di Mesir dan Tunisia awal tahun itu. Gaddafi bersumpah untuk menghancurkan pemberontakan dan memerintahkan penumpasan dengan kekerasan terhadap para demonstran.