Kamis 03 Dec 2020 03:24 WIB

Peretas Korut Incar Perusahaan Produsen Vaksin Covid-19

Peretasan mengincar pemain utama dalam pengembangan vaksin Covid-19.

Rep: Lintar Satria/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Peretas yang diduga berasal dari Korea Utara (Korut) mencoba membobol sembilan organisasi kesehatan termasuk perusahaan farmasi Johnson & Johnson dan Novavax Inc. Temuan ini mengungkapkan peretasan mengincar pemain utama dalam pengembangan vaksin Covid-19.

Empat orang yang menyelidiki peretasan tersebut mengatakan serentetan upaya pembobolan dilakukan pada bulan September. Caranya dengan membuat situs yang menyerupai halaman masuk (login portal) situs organisasi yang diincar.

Baca Juga

Peretas ingin mendapatkan sandi yang para karyawan organisasi atau perusahaan itu. Para peretas juga mencoba membobol masuk sistem produsen vaksin asal Inggris AstraZeneca.  

Korut tidak mengkonfirmasi kasus infeksi virus corona tapi Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan (Korsel) mengatakan tidak berarti sama sekali tidak ada wabah virus corona di Korut. Sebab negara itu banyak melakukan perdagangan dan pertukaran antara orang dengan China sebelum menutup perbatasan pada akhir Januari lalu.