Jumat 25 Dec 2020 07:00 WIB

Bahaya Terorisme Sayap Kanan dan Teror Atas Nama Islam

Terorisme sayap kanan Barat dan teroris atas nama Islam sama-sama bahaya

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Terorisme sayap kanan Barat dan teroris atas nama Islam sama-sama bahaya Gerakan ISIS (ilustrasi)
Foto: VOA
Terorisme sayap kanan Barat dan teroris atas nama Islam sama-sama bahaya Gerakan ISIS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON –  Direktur Eksekutif The Investigative Project on Terrorism, Steven Emerson, menulis sebuah artikel tentang ekstremisme Islam yang dimuat di laman Newsmax, Senin (21/12). Emerson juga merupakan koresponden untuk CNN dan editor senior di US News.

Emerson mengungkapkan bahwa ekstremisme Islamis tetap menjadi bentuk terorisme paling mengancam di seluruh dunia sejauh ini, menurut laporan Indeks Terorisme Global (GTI) 2020 terbaru. 

Baca Juga

Di antara 20 negara teratas yang paling rentan terhadap terorisme, 19 di antaranya sebagian besar menjadi sasaran para aktor Islam bersenjata.

Empat organisasi teroris paling mematikan yang diidentifikasi dalam penelitian tersebut adalah Taliban, Boko Haram, ISIS, dan kelompok al-Shabaab yang berafiliasi dengan Alqaeda yang berbasis di Somalia. Organisasi-organisasi Islam ini berada di balik lebih dari setengah dari total kematian yang tercatat pada 2019.

Beberapa media, bagaimanapun, memilih untuk melaporkan studi GTI dengan menyoroti tren peningkatan aktivitas teroris sayap kanan di Barat. Namun melihat lebih dekat pada data GTI itu sendiri menawarkan cerita yang lebih akurat.

Meskipun insiden teroris sayap kanan meningkat, serangan teroris atas nama Islam di Barat rata-rata jauh lebih mematikan. Sejak 2002, serangan ekstremis sayap kanan telah menyebabkan 0,86 kematian per insiden, sedangkan kelompok Islam membunuh 4,49 orang per serangan.

Penemuan studi tersebut membuat penulisnya menyatakan bahwa "bentuk terorisme paling mematikan di Barat selama dua dekade terakhir adalah terorisme agama, yang hampir secara eksklusif mengambil bentuk terorisme Islam radikal."

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 184)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement