Jumat 29 Jan 2021 05:35 WIB

RPP Jaminan Produk Halal, MUI Ingatkan Pemerintah

MUI meminta Pemerintah untuk mengakomodasi usul dan saran terkait produk halal

Red: Gita Amanda
Halal
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Halal

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat telah berikhtiar melakukan sertifikasi halal selama 32 tahun dan mendapat kepercayaan masyarakat serta dukungan penuh dari pemerintah. Ke depan kepercayaan masyarakat tentunya harus dipelihara bersama.

Untuk itu MUI berperan menetapkan halal melalui Fatwa sebelum melakukan sertifikasi halal sesuai UU Jaminan Produk Halal (JPH)  oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH). Badan yang dibentuk di bawah naungan Kementerian Agama sesuai Undang - Undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal mengamanatkan agar Produk yang beredar di Indonesia terjamin Kehalalannya.

Baca Juga

Oleh karena itu Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal mempunyai tugas dan fungsi yang berat untuk menjamin kehalalan produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di Indonesia. Jaminannya dunia akhirat, maka harus menerapkan prinsip kerja sama dan kehati-hatian dengan semua pihak.

Terkait hal ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Amirsyah Tambunan berharap Presiden Joko Widodo dapat mengakomodir aspirasi MUI dalam rancangan peraturan pemerintah (RPP) terkait pelaksanaan Undang-Undang Jaminan Produk Halal (JPH).

Menurut Amirsyah, sampai saat ini aspirasi MUI belum diakomodir dalam RPP. Padahal, pihaknya sudah menyampaikan beberapa rekomendasi soal JPH ke Presiden Jokowi dalam pertemuan tanggal 23 Oktober 2020 lalu di Istana, Bogor.

"Saat itu beliau komitmen agar aspirasi MUI dimasukkan ke dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP). Tapi dari RPP yang ada sekarang, belum di temukan aspirasi MUI,” kata Amirsyah saat dihubungi, Kamis (28/1), dalam siaran persnya.

Amirsyah lantas mengungkapkan, sebagai khodimul ummah (pelayan umat) dan shodiqul hukumah (mitra pemerintah), MUI berkomitmen dan berikhtiar melaksanakan peran dan fungsinya dalam rangka memberikan kontribusi yang terbaik untuk umat dan bangsa.

Dalam konteks ini, lanjut Amirsyah, MUI telah berpengalaman lebih dari 32 tahun menjalankan sertifikasi halal. Khususnya mengenai fatwa dan aspek kesesuaian syariah.

Sikap pemerintah yang belum sepenuhnya serius melibatkan MUI dalam menyusun RPP JPH terkesan menafikan sepak terjang dan pengalaman MUI dalam menjalankan sertifikasi halal selama ini. Karena itu, Amirsyah menyarankan agar pemerintah mengajak MUI dan mengakomodir aspirasi MUI terkait RPP JPH.

“Pemerintah dalam mengajak MUI terkait penyusunan RPP JPH ini sifanya hanya partisipan. Agar jaminan Produk Halal dari RPP itu mendapat kepercayaan dan memberikan maslahat untuk pelaku usaha, dan dukungan umat Islam dan masyarakat Indonesia," ujar Amirsyah.

"Kerena itu MUI meminta dan mengimbau kepada Pemerintah untuk mengakomodasi usul dan saran dari MUI yang terlibat langsung dalam penetapan produk halal.  Dalam proses sertifikasi halal pemerintah harus lebih serius melakukan langkah pembahasan RPP” imbuh Amirsyah kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement