Rabu 10 Feb 2021 17:00 WIB

Cara Nabi Sulaiman Sambut Rombongan Ratu Bilqis

Rombongan Ratu Bilqis disambut Nabi Sulaiman.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Cara Nabi Sulaiman Sambut Rombongan Ratu Bilqis. Foto: Lukisan yang menggambarkan pertemuan antara Ratu Sheba dan Nabi Sulaiman
Foto: Historia
Cara Nabi Sulaiman Sambut Rombongan Ratu Bilqis. Foto: Lukisan yang menggambarkan pertemuan antara Ratu Sheba dan Nabi Sulaiman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kisah mengenai Nabi Sulaiman dengan Ratu Bilqis bukanlah cerita dongeng, bagi umat Islam diwajibkan hukumnya untuk mempercayai dan mengimani riwayat hidup para Nabi, termasuk Nabi Sulaiman. Dan inilah kisah tentang Nabi Sulaiman yang menyambut rombongan Kerajaan Saba dengan mukjizat yang dikaruniakan Allah kepada beliau.

Dalam buku Ensiklopedia Wanita Alquran karya Imad Hilali dijelaskan, ketika Ratu Bilqis dari Kerajaan Saba itu mendapat informasi tentang seorang Nabi yang diberikan mukjizat luar biasa dari Allah dan atas kerajaan yang menakjubkan, dia pun ingin menguji Nabi tersebut. Ratu Bilqis pun berencana mengirimkan hadiah mahal dan bernilai yang dibuat oleh orang-orang kerajaannya.

Baca Juga

“Jika raja itu (Nabi Sulaiman) menerima hadiah ini, berarti dia adalah raja dunia dan aku lebih mulia dan lebih kuat darinya. Namun jika dia menolaknya, berarti ini sesuatu dari Allah,” kata Ratu Bilqis kepada para kaumnya.

Kemudian, Ratu Bilqis pun mengumpulkan hadiah-hadiah berharga dan mengirimkannya melalui para tokoh dan pemuka kerajaannya. Mereka pun berangkat membawa hadiah tersebut menuju ke arah utara tempat kerajaan Nabi Sulaiman berada. Sementara itu, begitu melihat rombongan yang membawa hadiah, burung hud-hud yang notabene segelintir pasukan dan pengikut Nabi Sulaiman pun segera mengabarkannya kepada Nabi perihal kabar itu.