REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO - Harley-Davidson Inc telah memutuskan cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan yang lebih muda untuk membeli sepeda motor baru. Caranya dengan menjual motor yang bekas terlebih dahulu.
Perusahaan yang berbasis di Milwaukee ini berencana untuk meluncurkan program motor bekas bersertifikasi, yang dikenal sebagai HD Certified. Harley mengadaptasi strategi yang telah diikuti oleh para pembuat mobil selama bertahun-tahun untuk memposisikan kendaraan bekas yang terawat sebagai pengganti margin rendah, level awal dari model baru.
Ini merupakan bagian dari strategi perputaran lima tahun baru di bawah CEO Jochen Zeitz. INi juga sebagai strategi terbaru untuk memperluas daya tarik merek di luar pengendara paruh baya dan kaya.
Merek motor Amerika berusia 118 tahun ini terus kehilangan pangsa pasar AS di tengah penurunan penjualan ritel selama enam tahun. Namun, permintaan untuk Harley bekas, yang lebih murah, tetap kuat.
Beberapa dealer mengatakan bahwa motor bekas tahun lalu terjual lebih banyak dari yang baru dengan perbandingan tiga banding satu.
Melissa Walters, pemilik dealer Harley di Fresno, California, mengatakan pandemi telah menyebabkan peningkatan permintaan untuk aktivitas rekreasi di luar ruangan. Namun, dealer kesulitan menemukan sepeda untuk dijual kepada pelanggan.
"Orang-orang lelah tinggal di rumah. Mereka ingin keluar dan melakukan sesuatu," kata Walters.
Sentimen itu digaungkan oleh lebih dari dua belas dealer di enam negara bagian.
Data dari konsultan industri J.D. Power menunjukkan Harley adalah merek yang paling dicari di pasar sepeda besar bekas tahun lalu, meningkatkan taruhan program bersertifikat akan menarik pelanggan baru.
Bagi Harley, ini menawarkan cara untuk membangun loyalitas merek dan menarik pelanggan baru tanpa rekayasa dan pembuatan sepeda baru dengan biaya lebih rendah, yang cenderung memiliki margin keuntungan yang lebih rendah.
"Kami yakin program ini akan mendorong keinginan Harley-Davidson, meningkatkan penjualan dan margin, serta meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan sambil mendukung pertumbuhan," kata CEO Harley, Jochen Zeitz.
Di bawah program motor bekas, yang diumumkan bulan lalu, Harley akan mensertifikasi sepeda motor berusia hingga lima tahun dengan jarak tempuh hingga 40.234 km.
Motor bersertifikat akan diperiksa dan didukung oleh garansi terbatas 12 bulan, dan dapat dibiayai oleh badan keuangan Harley. Ini lah yang membedakannya dari Harley bekas lainnya.
Sementara produsen sepeda motor kelas berat memiliki program serupa di Inggris Raya, ini pertama kalinya ia memasuki pasar bekas di Amerika Serikat, pasar terbesarnya.
Program ini akan diluncurkan pada akhir April dan sejauh ini lebih dari 300 dealer telah menyatakan minatnya untuk berpartisipasi.