Selasa 13 Apr 2021 19:00 WIB

Kenapa Harus Pilih Susu Kental Manis Untuk Kreasi Camilanmu?

Susu kental manis penuh vitamin dan mineral serta bahan serbaguna penuh cita rasa

Red: Budi Raharjo
Serabi pandan.
Foto: isitmewa
Serabi pandan.

REPUBLIKA.CO.ID, Inilah beberapa alasan kenapa kamu perlu memilih susu kental manis sebagai bahan makanan untuk dibuat camilan lezat dan nikmat!

Siapa yang tidak tahu susu kental manis? Bahan makanan ini sudah dikenal masyarakat Indonesia sejak dahulu dan masih jadi andalan hingga saat ini untuk dijadikan bahan atau topping untuk berbagai macam camilan lezat dan nikmat. Kehadirannya memudahkan kamu untuk berkreasi karena susu kental manis lebih mudah ditemukan dan tidak repot saat mengolahnya. Pasalnya, susu kental manis juga bisa dijadikan sebagai bahan utama atau topping untuk menambah cita rasa camilanmu.

Perlu kamu ketahui juga, pilihlah susu kental manis yang bertuliskan ”Full Cream” karena terbuat dari susu segar dengan kandungan 9 sumber vitamin (Vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan C) dan 5 sumber mineral (Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan, dan Yodium) serta terdapat 130kkal per sasetnya untuk mendukung asupan energi harianmu. Susu kental manis bisa jadi favorit keluarga karena memiliki berbagai macam varian rasa sesuai selera. Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa kamu perlu memilih susu kental manis sebagai bahan makanan untuk camilan sehari-hari. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini ya!

Alasan Memilih Susu Kental Manis

Rasa lezat dari susu kental manis memang tak perlu diragukan lagi. Dari dulu hingga sekarang, bahan makanan satu ini selalu menjadi andalan keluarga untuk diolah menjadi berbagai macam camilan tradisional maupun modern. Selain rasanya itu, ada beberapa kelebihan susu kental manis yang perlu kamu ketahui, antara lain:

Bahan Makanan yang Serbaguna dan Penambah Cita Rasa

Kamu hobi berkreasi membuat camilan? Nah, susu kental manis bisa jadi pelengkapnya lho! Ini karena susu kental manis termasuk bahan serbaguna dengan rasa yang berbeda dan bisa menambah kreasi camilan menjadi nikmat. Selain serbaguna, susu kental manis juga dapat menambah cita rasa lebih gurih pada setiap camilan yang kamu buat. Bukan hanya itu, susu kental manis bisa dijadikan sebagai topping untuk menambah kenikmatan camilan.

Praktis dan Ekonomis

Susu kental manis dapat dibeli di mana saja, dengan kemasan yang cukup beragam serta harga yang cukup terjangkau. Tak heran jika bahan makanan yang satu ini selalu jadi pilihan keluarga Indonesia dari generasi ke generasi.

Mudah Disimpan

Terdapat beberapa jenis kemasan susu kental manis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, di antaranya kemasan kaleng, pouch, dan sachet. Masing-masing kemasan ini mudah disimpan setelah selesai digunakan, terutama kemasan pouch yang memiliki tutup di bagian atasnya sehingga kualitas  di dalamnya pun lebih terjaga.

Pentingnya Camilan Sebagai Makanan Pendukung

Selain mengonsumsi menu utama, kamu juga perlu menambahkan camilan sebagai makanan pendukung di sela jam makan harianmu lho. Ada banyak bahan makanan yang bisa diolah menjadi camilan nikmat, salah satunya susu kental manis.

Camilan penting dikonsumsi asalkan porsinya tidak berlebihan dan cara penyajiannya pun harus sesuai dengan kebutuhan kalori harianmu, ya! Karena bagaimanapun, menu utama merupakan asupan yang paling penting bagi tubuh. Buat kamu yang takut ngemil, berikut ada beberapa manfaat ngemil yang wajib kamu ketahui:

Meningkatkan Suasana Hati

Saat lapar, biasanya suasana hati jadi lebih buruk. Bahkan, bisa jadi lebih mudah marah tanpa alasan yang jelas. Oleh karena itu, camilan dibutuhkan saat kamu merasa lapar di sela-sela waktu makan utama. Ada banyak ide camilan yang bisa jadi pilihan kamu, salah satunya yang menggunakan olahan susu kental manis agar cita rasanya lezat dan gurih. Makanlah camilan dengan porsi dan jumlah yang secukupnya, supaya makanan utama tetap bisa kamu konsumsi pada waktu yang sudah ditentukan.

Membantu Menambah Konsentrasi

Terkadang ngemil pun bisa menambah konsentrasi saat sedang melakukan aktivitas, seperti belajar atau bekerja. Dengan mengonsumsi camilan favorit, kamu bisa terhindar dari rasa suntuk dan bisa membangkitkan semangat untuk melanjutkan aktivitas tersebut. Pilihlah camilan yang tepat sesuai dengan saran penyajian dan porsi yang tidak berlebihan. Salah satu camilan yang bisa kamu pilih adalah sup buah dengan susu kental manis.

Membantu Mengontrol Nafsu Makan

Kebiasaan mengonsumsi camilan yang tepat ternyata dapat menghindarkan kamu dari makan yang terlalu berlebih dan banyak. Hal ini karena camilan dapat membuat perut terasa lebih penuh, sehingga nafsu makan yang seharusnya ada akibat perut kosong pun akan berkurang. Ada banyak jenis camilan yang bisa kamu konsumsi, salah satunya camilan buah yang menggunakan topping susu kental manis agar cita rasanya semakin lezat dan nikmat.

Ide Resep Camilan Nikmat dengan Susu Kental Manis

Prol Tape Keju Kukus Susu Kental Manis

photo
Prol Tape Keju Kukus Susu Kental Manis - (istimewa)

Di rumah ada tape dan bingung mengolahnya? Bagaimana jika kamu berkreasi membuat camilan prol tape yang lezat? kamu cukup menyiapkan bahan-bahan di bawah ini dan ikuti langkah mudahnya.

Bahan-bahan:

●    350 gram tape, haluskan

●    100 gram tepung terigu, lebih baik diayak agar halus

●    50 ml susu kental manis

●    75 gram mentega cair

●    2 butir telur ayam

●    50 gram keju parut

●    kismis, kacang almond, dan keju parut tambahan untuk dijadikan topping

Cara Membuat Prol Tape Keju Kukus Susu Kental Manis:

1.    Kocok telur dan gula hingga berwarna putih pucat

2.    Masukkan tape dan susu kental manis

3.    Lalu aduk rata dengan menggunakan alat pengaduk

4.    Tambahkan tepung terigu, mentega cair, dan keju parut, lalu aduk lagi hingga rata

5.    Panaskan kukusan di atas api sedang

6.    Tuang adonan ke loyang yang sudah diolesi mentega

7.    Kukus selama kurang lebih 50 menit sampai matang

8.    Setelah matang, taburi dengan kacang almond, keju parut, dan kismis

Talam Durian Susu Kental Manis

Kamu pecinta durian? Daripada hanya dikonsumsi secara utuh, bagaimana jika duriannya diolah menjadi camilan di sore hari? Apalagi jika ditambahkan susu kental manis agar rasanya lebih nikmat. Yuk, langsung ikuti resepnya di bawah ini:

Bahan Lapisan Bawah:

●    250 gram beras ketan

●    200 ml santan cair

●    ½ sdt garam

Bahan Lapisan Atas:

●    100 gram daging durian

●    50 gram tepung terigu

●    50 gram tepung maizena

●    4 sdm susu kental manis

●    200 ml santan cair

●    ⅓ sdt pewarna kuning

Cara Membuat Talam Durian Susu Kental Manis:

1.    Campur semua bahan lapisan bawah. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga mengental. Kemudian, kukus selama kurang lebih 15 menit

2.    Siapkan loyang yang sudah diolesi minyak. Masukkan adonan ketan yang sudah dikukus, lalu tekan-tekan hingga padat

3.    Campur semua bahan lapisan atas termasuk susu kental manis. Lalu blender hingga halus. Tuang di atas lapisan adonan ketan dalam loyang

4.    Panaskan kukusan. Setelah panas, masukkan kue talam durian selama kurang lebih 30 menit

5.    Setelah matang, angkat dan sajikan selagi hangat

Serabi Pandan Susu Kental Manis

Serabi merupakan camilan legendaris dari Jawa Barat yang populer hingga saat ini. Ada banyak jenis serabi yang menggugah selera, salah satunya serabi pandan susu kental manis yang memiliki cita rasa lezat dan gurih. Cara membuatnya cukup mudah lho, langsung ikuti langkah di bawah ini ya:

Bahan-bahan:

●    150 gram tepung beras

●    250 ml santan kental

●    4 sdm susu kental manis

●    ½  sdt ragi bubuk

●    ¼ sdt garam

●    ¼  sdt bubuk vanilli

●    Pasta pandan

●    Keju parut dan meses secukupnya

Cara membuat Serabi Pandan Susu Kental Manis:

1.    Campur tepung beras dengan ragi bubuk, tambahkan susu kental manis dan vanili, lalu aduk hingga rata

2.    Didihkan santan, tambahkan garam dan vanili secukupnya

3.    Siram adonan pertama dengan santan yang telah dididihkan tadi

4.    Tuangkan pasta pandan, aduk lagi sampai semuanya tercampur

5.    Olesi cetakan pemanggang serabi atau teflon kecil menggunakan minyak goreng, panaskan cetakan di atas api sedang

6.    Tuangkan adonan serabi secukupnya. Masak serabi hingga muncul lubang-lubang kecil di bagian atasnya

7.    kamu bisa menambahkan topping  keju parut dan meses sesuai selera

8.    Serabi siap dinikmati

Kue Sus Vla Susu Kental Manis

Kue sus termasuk camilan yang populer dan jadi favorit banyak orang. Kue dengan ciri khas vla susu kental manis di bagian dalamnya ini cocok disantap di sore hari agar perut kamu tidak keroncongan menunggu jam makan malam tiba. Nah, daripada membeli kue sus di luar, lebih baik berkreasi sendiri di rumah. Langsung ikuti resepnya di bawah ini yuk!

Bahan untuk membuat kulit sus:

●    125 gr tepung terigu

●    100 gram margarin

●    200 ml air matang

●    Susu kental manis secukupnya

●    3 butir telur, kocok lepas

●    ½ sdt garam

Bahan untuk membuat vla sus:

●    200 ml air

●    Susu kental manis secukupnya

●    75 gr tepung maizena

●    Keju parut secukupnya

●    2 butir kuning telur

●    1 sdt margarin

●    ½ sdt garam

●    1 sdt bubuk vanilli

Cara membuat:

1.    Buat kulit sus terlebih dahulu dengan cara rebus air, susu kental manis, margarin, dan garam, kemudian aduk sampai mendidih

2.    Masukkan tepung terigu, kemudian aduk sampai semua bahan rata, setelah itu matikan api

3.    Angkat bahan yang sebelumnya telah matang, lalu diamkan sebentar sampai agak hangat

4.    Selanjutnya, masukkan telur sambil diaduk rata bersama adonan. Setelah semua tercampur rata, masukkan adonan tersebut ke dalam kantong plastik berbentuk segitiga

5.    Siapkan loyang berukuran agak besar yang telah dioleskan margarin sebelumnya

6.    Semprot adonan untuk kulit sus di atas loyang dengan gerakan melingkar ke atas

7.    Panggang sampai kulit sus matang, di bawah suhu 200 derajat Celcius selama 25 menit.

8.    Buat isi vla untuk kulit sus dengan cara merebus air, susu kental manis, garam, keju, dan tepung maizena

9.    Masak sampai adonan tersebut mendidih, kemudian tambahkan margarin dan kuning telur sebagai olahan

10.    Setelah matang, biarkan sampai agak dingin

11.    Kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga

12.    Angkat kulit sus yang telah matang, lalu belah bagian tengah, tetapi jangan sampai terputus

13.    Isi bagian dalam sus dengan vla, lalu letakkan di atas piring saji

14.    Kue sus dengan olahan vla susu kental manis siap disajikan

Kue Carabikang

Kue carabikang termasuk kue tradisional yang berbahan dasar tepung beras. Sekarang kamu bisa berkreasi membuat camilan carabikang dengan cara modern lho! Kamu bisa menambahkan topping yang lezat sesuai selera, salah satunya susu kental manis agar lebih lezat dan gurih.

Bahan-bahan:

●    175 gr tepung beras

●    2 sdm tepung tapioka

●    Susu kental manis secukupnya

●    500 ml santan kental

●    ½  sdt garam

●    ¼  sdt vanili

●    Pewarna makanan (ungu dan merah muda) secukupnya

●    Keju parut

Cara membuat:

1.    Langkah pertama, buatlah adonan biang terlebih dahulu dengan cara memasak santan  dan 2 sdm tepung beras. Lalu aduk hingga kental seperti bubur sumsum, angkat dan sisihkan

2.    Campur sisa tepung beras, tepung tapioka, susu kental manis secukupnya, garam, dan bubuk vanilli

3.    Tambahkan adonan biang dan sisa santan. Aduk rata hingga licin, diamkan adonan selama kurang lebih satu jam

4.    Pisahkan adonan ke dalam tiga mangkok berbeda, untuk warna original, merah muda, dan ungu

5.    Panaskan cetakan kira-kira 30 menit hingga benar-benar panas

6.    Masukkan sedikit adonan merah muda, tunggu sampai berbuih agak matang masukkan adonan original

7.    Setelah berbuih dan agak matang, tambahkan adonan ungu. Masak hingga matang

8.    Lakukan secara berulang hingga kue carabikang bisa dinikmati untuk camilan favorit keluarga

Dengan adanya penjelasan mengenai susu kental manis dan ide resepnya di atas, diharapkan kamu bisa berkreasi membuat camilan lezat untuk keluarga di rumah ya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement