4 Tips Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Selama Ramadhan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

Rabu 21 Apr 2021 12:24 WIB

Puasa Ramadhan tahun ini masih di tengah pandemi, dan cukup sulit dilalui. Foto:

1

3. Bergerak untuk Melatih Fisik

Muslim yang menjalankan Ramadan akan merasa sulit untuk aktif.  Tetapi aktif secara fisik memiliki manfaat kesehatan yang signifikan, oleh karena itu penting untuk tetap berolahraga secara teratur sepanjang bulan Ramadhan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tingkat energi dan kesabaran Anda selama puasa tidak akan sama. Karena itu, hindari latihan intensitas tinggi seperti lari cepat atau angkat beban berat di siang hari tetapi Anda mungkin bisa melakukannya di malam hari setelah buka puasa.

Sebagai gantinya, mulailah dengan latihan ringan selama 15 hingga 30 menit seperti berjalan kaki, jogging, pilates, yoga atau peregangan.  Cobalah jalan cepat di sekitar taman, bersepeda atau jogging. Jalan kaki adalah bentuk olahraga yang paling mudah untuk disesuaikan dengan hari Anda saat berpuasa. Jika mau, Anda dapat secara bertahap meningkatkan jumlah dan intensitas latihan yang Anda lakukan tergantung pada perasaan Anda setiap hari.

4. Rencanakan Menu Variasi Selama Bulan Ramadhan

Penting untuk merencanakan menu makanan Anda. Jangan melewatkan Suhur untuk menjaga tidur Anda.  Dan apakah Anda sedang belajar, bekerja dari rumah atau pergi bekerja, penting untuk merencanakan apa yang akan Anda makan saat sahur dan buka puasa.  Apa yang Anda makan berdampak pada tingkat energi Anda keesokan harinya. Jadi, sekali lagi fokuslah pada makan makanan berkualitas dan bergizi tinggi.

Buatlah daftar tugas harian dan tuliskan hal-hal yang menurut Anda menantang dan rencanakan cara memeranginya secara efisien.  Dan jika Anda bisa, cobalah keluar saat istirahat makan siang karena ini dapat meningkatkan kesehatan mental Anda.

Tentu saja, Anda juga harus menikmati makanan dan minuman favorit Anda selama Ramadan. Tapi pastikan Anda menjaga diri sendiri untuk memastikan Anda tetap sehat sepanjang bulan.

Terpopuler