Tips Berbuka Puasa Sehat dan Mengenyangkan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 29 Apr 2021 04:55 WIB

Tips Berbuka Puasa Sehat dan Mengenyangkan. Warga saat akan membeli roti Pitalka di Prizren, Kosovo, Senin (26/4). Roti Pitalka merupakan makanan khas untuk berbuka puasa bagi umat Islam di Kosovo yang sudah ada sejak zaman kekuasaan Ottoman. EPA-EFE/VALDRIN XHEMAJ Foto:

1

Berbuka dengan kurma

Meskipun kurma telah berkembang pesat di sebagian besar dunia akhir-akhir ini, praktik makan kurma selama waktu buka puasa telah dipraktikkan selama lebih dari satu milenium di negara-negara Timur Tengah.  

Kurma dikenal sebagai sumber gula alami dan mengandung kandungan nutrisi yang sangat baik. Dengan tiga buah kurma saat berbuka puasa, hal ini sudah cukup untuk mengurangi rasa lapar karena puasa.

Pilihlah karbohidrat dan sayuran yang baik

Untuk mengisi kembali energi dengan cara yang baik dan sehat, makanan berbuka puasa secara alami harus mengandung karbohidrat dan sayuran yang baik dalam jumlah yang cukup. Sumber karbohidrat kompleks seperti gandum, kentang, dan beras merah memberikan dorongan energi yang stabil dan berkelanjutan yang akan membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih lama.

Sayuran juga memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan Anda karena mengandung vitamin, mineral dan serat yang hampir tidak mengandung kalori. Gabungkan karbohidrat baik dengan sayuran dan buka puasa untuk hasil yang lebih baik.

Jangan abaikan protein

Protein tanpa lemak tepatnya. Makanan yang tinggi protein tanpa lemak harus menjadi pilihan pertama makanan berbuka puasa karena protein memungkinkan tubuh membangun kembali massa otot serta memeliharanya.

Beberapa sumber makanan yang baik untuk protein tanpa lemak termasuk daging sapi tanpa lemak, daging putih, daging unggas tanpa kulit dan telur. Selain itu, jika Anda seorang vegetarian, protein tanpa lemak juga dapat diperoleh dari makanan seperti kacang-kacangan dan kacang polong. Anda juga bisa memilih yogurt rendah lemak dan keju cottage dan tahu ringan.

Hindari makanan dengan lemak, gula, dan garam tinggi

Sebaiknya hindari makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula. Akan lebih baik jika mencoba menyiapkan makanan berbuka puasa dengan memanggang, merebus, atau mengukusnya untuk gaya hidup yang lebih sehat. Anda dapat menggunakan campuran rempah-rempah alami dan herba untuk menambah rasa pada makanan, bukan garam, gula, dan MSG. Bagaimanapun, Ramadhan adalah tentang memasukkan perubahan positif ke dalam hidup Anda. 

 

 https://www.asiaone.com/lifestyle/iftar-ramadan-2021-tips-and-ideas-healthy-and-fulfilling-iftar

Terpopuler