Muslimah tak Berhijab, Sahkah Puasanya?

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 11 May 2021 05:49 WIB

Muslimah tak Berhijab, Sahkah Puasanya? Ilustrasi Muslimah Foto:

1

Dia juga menjelaskan, orang beriman seharusnya tidak bergantung pada rahmat dan ampunan Allah, sementara tidak takut kepada murka Allah dan terus melakukan lebih banyak dosa. Sebaliknya, orang beriman yang melakukan dosa wajib bertaubat dan memohon ampun kepada Allah dan berhenti melakukan dosa tersebut agar Allah mengampuninya.  

Allah Yang Mahakuasa berfirman:

“Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman, beramal saleh, kemudian tetap di jalan yang benar.” (QS. Toha: 82).

Menurutnya, tidak memakai jilbab menjadi salah satu tanda kurangnya rasa takut akan hukuman Allah karena jika dia memang takut kepada Allah, dia akan mematuhi perintah-Nya. Jadi, bagaimana Allah menerima doa dan puasa orang yang tidak takut kepada-Nya? Hal ini harus direnungi baik-baik.

Namun, ini tidak berarti seseorang harus berhenti sholat atau berpuasa sampai dia memakai hijabnya. Sebaliknya, seseorang harus mendorong dirinya sendiri mengikuti praktik keagamaannya dan tidak menunda mengenakan hijab.

 

Dari sini dapat disimpulkan sholat dan puasa Muslimah itu sah selama dia memakai hijab dalam sholat dan melaksanakannya dengan cara yang benar.  Selain itu, puasanya juga sah selama dia berhenti makan, minum dan melakukan hubungan seksual dari subuh hingga matahari terbenam.

Terpopuler