Kamis 27 May 2021 07:25 WIB

Dorong Digitalisasi UMKM, Kemenkop Gandeng Grab dan VIDA

Kerja sama dengan Grab dan VIDA melalui penerapan solusi transaksi digital untuk UMKM

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Pengunjung memindai kode QRIS untuk pembayaran dalam acara pameran produk UMKM. ilustrasi
Foto: Aprillio Akbar/ANTARA
Pengunjung memindai kode QRIS untuk pembayaran dalam acara pameran produk UMKM. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) meresmikan kerja sama dengan Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA). Kerja sama itu bertujuan mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat, dan terjangkau bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Kerja sama itu melalui penerapan solusi transaksi digital sebagai peningkatan dari proses bisnis manual guna mendukung perluasan digitalisasi. Sekaligus peluang ekonomi bagi pelaku UMKM di Indonesia," kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim melalui siaran pers yang diterima pada Kamis (27/5).

Baca Juga

Arif meyakini, otentikasi identitas elektronik dan solusi transaksi digital akan mendorong proses bisnis yang lebih efisien bagi para pelaku UMKM. "Mendorong transformasi digital UMKM melalui penerapan teknologi menjadi prioritas pemerintah," ujarnya.

Menurut dia, proses verifikasi dan otentifikasi akan menjadi bagian penting dari aktivitas digital. Ini guna memastikan tidak ada identitas yang salah dan menjamin adanya otentikasi data.