Senin 21 Jun 2021 19:02 WIB

Berapa Paman Rasulullah SAW dan Siapa yang Masuk Islam?  

Rasulullah SAW mempunyai sembilan paman kandung menurut sejumlah riwayat

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW mempunyai sembilan paman kandung menurut sejumlah riwayat. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Rasulullah SAW mempunyai sembilan paman kandung menurut sejumlah riwayat. Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kakek Rasulullah ﷺ, Abdul Muthalib memiliki 10 anak laki-laki, salah satunya Abdullah ayah dari Nabi Muhammad ﷺ. 

Rasulullah ﷺ memiliki sembilan paman, dua di antaranya masuk ke dalam Islam. Dilansir dari laman Alukah pada Senin (21/6), paman Nabi Muhammad ﷺ di  antaranya, Al Abbas, Hamzah, Abdullah, Abu Thalib, Zubair, Al Harits, Hajl, Al Muqawwim, Dhirar, dan Abu Lahab. Hanya Al Abbas dan Hamzah, radhiyallahu ‘anhuma yang masuk Islam, serta selamat dari ancaman berat untuk orang-orang kafir.

Baca Juga

Hamzah bin Abdul Muthalib dikenal dengan gelar 'Singa Allah'. Dia masuk Islam pada tahun keenam Hijriyah, sebelum Umar bin Khattab.

Sebelumnya Hamzah ikut serta hijrah bersama Nabi Muhammad ﷺ ke Madinah. Dia juga ikut serta dalam Perang Badar dan Uhud. Hamzah wafat syahid saat Perang Uhud, di mana dia wafat lewat serangan tombak dari kejauhan.

Sementara itu, paman Rasulullah, Al Abbas tidak termasuk orang-orang yang awal masuk Islam, dan dia memiliki tempat yang spesial di hati Nabi Muhammad. Al Abbas disebut masuk Islam sebelum Penaklukan Makkah.

Abbas wafat selama pemerintah khalifah Utsman bin Affan RA. Abbas dikebumikan di pemakaman Baqi, Madinah.

 

Sumber: alukah 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement