Senin 12 Jul 2021 00:05 WIB

Ciri Hamba Takut kepada Allah SWT Menurut Imam Ghazali

Takutnya hamba kepada Allah SWT bisa dilihat dari tanda fisik

Rep: Ali Yusuf/ Red: Nashih Nashrullah
Takutnya hamba kepada Allah SWT bisa dilihat dari tanda fisik. Ilustrasi menangis
Foto: Republika/Wihdan
Takutnya hamba kepada Allah SWT bisa dilihat dari tanda fisik. Ilustrasi menangis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Para malaikat, bumi, langit, waktu siang dan malam akan memberikan kesaksian terhadap apa yang dikerjakan manusia keturunan Adam, baik mengenai kebaikan ataupun kejahatan yang berupa ketaatan maupun kemaksiatan. 

Bahkan, menurut Imam Al Ghazali dalam kitabnya Mukasyafat al-Qulub,  anggota-anggota tubuhnya juga akan memberikan kesaksian yang dapat memberatkannya.         

Baca Juga

Imam Al Ghazali mengatakan, menurut sebagian ahli hikmah, selamatnya jasad itu dari sedikitnya makan, selamatnya ruh itu dari sedikitnya dosa, dan selamatnya agama dengan memperbanyak shalawat kepada Rasulullah SAW. Dalam surat Al Hasyr ayat 18 Allah SWT berfirman.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ "Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertawakal kepada Allah kamu sesungguhnya Allah Mahamengetahui apa yang kamu kerjakan."

"Takutlah kepada Allah dan taatilah Allah, bersedekah dan beramallah dengan penuh ketaatan agar supaya kamu memetik buah pahalanya kelak di hari kiamat," kata Imam Ghazali.  

"Sementara bumi memberikan kesaksian yang menguntungkan orang yang beriman dan orang yang zuhud," katanya Dalam kemaksiatan itu, bumi menyatakan, "Dia (orang mukmin) telah menyembah Tuhan yang Mahatinggi, di atasku dia berpuasa, berhaji, dan berjihad dijalan Allah SWT." 

Mendengar kesaksian itu, kata Imam Ghazali, maka gembiralah orang yang beriman dan orang yang zuhud. Bumi juga memberikan kesaksian yang memberatkan orang kafir dan orang yang durhaka.  

Bumi berkata, "Dia (orang kafir) telah berlaku musyrik di atasku, dia berzina dan makan barang yang haram. Sehingga alangkah celakanya bila tuhan yang maha penyayang di antara para penyayang menyelesaikan persoalan hisab dengan seadil-adilnya." 

Imam Ghazali mengatakan, orang mukmin yang sejati ialah orang yang takut kepada Allah dengan seluruh organ dan anggota tubuhnya. Sebagaimana yang dikatakan Abu Laits, bahwa takut kepada Allah dapat dilihat indikasinya dalam tujuh anggota badan pertama lidahnya, hatinya, penglihatannya, perutnya, tangannya, kedua kakinya dan ketaatannya.   

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement