Kamis 05 Aug 2021 14:28 WIB

Lima Jenis Teh Herbal Terbaik, Banyak Manfaatnya

Menemukan teh yang tepat untuk Anda mungkin memerlukan beberapa percobaan.

Red: Qommarria Rostanti
Teh Herbal (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Teh Herbal (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ribuan tahun, orang telah menggunakan teh herbal untuk meningkatkan kesehatan atau sekadar menikmatinya. Teh herbal juga dikenal dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, bahkan membantu tidur lebih nyenyak.

Menemukan teh yang tepat untuk Anda mungkin memerlukan beberapa percobaan. Teh herbal mengandung beberapa jenis senyawa antiinflamasi alami yang mungkin bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari stres.

Minum secangkir teh herbal setiap hari dapat membantu melindungi kesehatan Anda dalam jangka panjang dan mengurangi tingkat stres. Penelitian dari 2014 menunjukkan beberapa teh herbal, khususnya Melissa officinalis atau ekstrak lemon balm dapat menurunkan kadar kortisol, hormon stres dalam tubuh. Studi 2018 menunjukkan, menghirup aroma teh (khususnya teh hitam) dapat membantu menurunkan tingkat stres dan menghasilkan suasana hati yang lebih tenang.

Sebelum mengonsumsi teh herbal, sebaiknya dikonsultasikan dulu kepada dokter. Pasalnya, beberapa teh dapat memengaruhi kondisi kesehatan atau obat-obatan. Misalnya, chamomile bertindak sebagai pengencer darah ringan dan dapat berinteraksi dengan obat warfarin (Coumadin) jika dikonsumsi dalam jumlah besar.