Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Messi Pergi, Barcelona Sulit Pensiunkan Nomor Punggung 10

Rabu 11 Aug 2021 02:01 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Lionel Messi saat bermain memperkuat FC Barcelona.

Lionel Messi saat bermain memperkuat FC Barcelona.

Foto: AP/Manu Fernandez
Penghormatan terhadap jasa Messi sudah disadari berbagai kalangan di Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Status Lionel Messi sebagai legenda hidup Barcelona tak terbantahkan. Sejak di level akademi hingga menembus tim utama, total ia berada di klub tersebut selama 21 tahun.

 

Khusus di tim utama, Messi membela Blaugrana dalam 778 pertandingan, dan mencetak 672 gol. Ia telah meraih semua gelar, di antaranya, 10 trofi La Liga Spanyol dan empat mahkota Liga Champions.

Baca Juga

Tapi kini La Pulga, julukan Messi, sudah berganti kostum. Pada Rabu (11/8) dini hari WIB, bintang asal Argentina itu resmi menjadi bagian dari Paris Saint-Germain (PSG).

Saat masih memperkuat Barcelona, Messi sempat mengenakan jersey bernomor punggung 10. Terhitung sejak 2008 lalu, usai Ronaldinho Gaucho pindah ke AC Milan.

Melihat sepak terjang La Pulga di raksasa Katalan, muncul rumor jersey bernomor punggung 10 bakal dipensiunkan oleh klub tersebut. Artinya sepeninggal peraih enam Ballon d'Or itu, tak ada lagi pemain Barca yang bakal mengenakan angka tersebut di kostumnya.

Rupanya skenario itu sulit menjadi kenyataan. Mengapa demikian?

Menurut Daily Mail, aturan di sepak bola Spanyol menginstruksikan setiap tim La Liga mendaftarkan nomor punggung satu hingga 25 untuk skuadnya. Itu sesuai jumlah pemain yang bakal mentas di tim utama.

Kemudian ada pelapis yang bakal mengenakan jersey bernomor punggung antara 26 hingga 50. "Jika Barca memutuskan untuk mempensiunkan nomor punggung 10 (untuk menghormati Messi), maka mereka akan mengorbankan satu slot di tim utama dalam skuad mereka," demikian laporan yang dikutip dari Sportsmole, Rabu (11/8).

Meski terganjal aturan tersebut, bukan berarti tak ada klub La Liga yang pernah bertindak di luar jalur. Pada 2009 lalu, Espanyol mempensiunkan nomor punggung 21. Espanyol menghormati mendiang Daniel Jarque.

Kembali ke Messi. Apapun itu, penghormatan terhadap jasa La Pulga sudah disadari oleh berbagai kalangan di Barcelona.

Kini, Barca dan Messi sejenak berpisah. Kapten timnas Argentina itu antusias menatap petualangan baru di Prancis.

Ia akan kembali menjadi tandem Neymar da Silva Jr. Messi juga berbagi kamar ganti dengan sesama andalan timnas Argentina, seperti Angel di Maria dan Leandro Paredes, di PSG.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile