Kamis 12 Aug 2021 17:30 WIB

Menparekraf Dorong Kaum Perempuan Sukses di UMKM

UMKM diyakini akan punya andil besar dalam memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Perempuan sukses di UMKM. Ilustrasi
Foto: RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO
Perempuan sukses di UMKM. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perekonomian Indonesia, khususnya, ekonomi kreatif sudah masuk peringkat tiga besar dunia dari persentase terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Indonesia berada di bawah Amerika dengan industri Hollywood dan Korea dengan K-Pop. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, Indonesia di posisi tiga dengan angka Rp 1.000 triliun ekspansinya terhadap PDB. Fokus ekonomi kreatif Indonesia ada di tiga sub sektor yaitu kuliner, mode, dan griya.

“Perempuan mendominasi ekonomi kreatif di Indonesia yaitu mencapai 56 persen. Saya optimistis perempuan akan menjadi game changer yang mendorong ekonomi kreatif di Indonesia,” kata Sandiaga Uno dalam webinar dengan tema Menumbuhkan Ekonomi Kreatif untuk UMKM Indonesia yang digelar Katadata X Danone Aqua Indonesia, Kamis (12/8).

Menurut Sandi, perempuan hebat mandiri akan jadi salah satu game changer pascapandemi. Sandi juga mengapresiasi program Aqua Home Service yang memberdayakan perempuan untuk melakukan bisnis. 

“Para perempuan yang terlibat dalam program Aqua Home Service merupakan pejuang UMKM yang layak mendapatkan penghormatan. Saya mendukung program Aqua Home Service yang mendorong perempuan untuk menjadi pengusaha UKM,” ujarnya menambahkan.