REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Rosi Kusuma Serli
Penerapan knowledge management di perusahaan, tampaknya sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar pada masa pandemi saat ini. Kemampuan perusahaan mengelola knowledge management merupakan kekuatan yang diperlukan perusahaan untuk tetap bertahan.
Knowledge management merupakan salah satu cara untuk mengidentifikasi, memilih, mengatur dan menyebarkan informasi serta keahlian penting di dalam suatu organisasi, sebagai upaya untuk mengembangkan produktivitas dan prestasi kerja sehingga mampu meningkatkan daya saing organisasi tersebut. Selain itu, knowledge management dapat dimanfaatkan sebagai cara dalam mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi.
Knowledge management diperlukan untuk menjaga pendistribusian pengetahuan yang baik kepada penggantinya. Penerapan Knowledge Management System (KMS) yang baik adalah tidak terhalang batasan waktu, tempat dan lokasi geografis dan mampu mendistribusikan hasil training seorang karyawan sebagai proses pengembangan atau peningkatan keilmuan, pengetahuan, kemampuan dan kepribadian kepada seluruh karyawan.