Rabu 29 Sep 2021 15:30 WIB

Mengembalikan Peran Masjid dalam Pembangunan Umat

Masjid memiliki peran strategis.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Mengembalikan Peran Masjid dalam Pembangunan Umat. Foto: Ilustrasi: Pemandangan Masjid Mevlana Yayasan Diyanet di Belanda.
Foto: Anadolu Agency
Mengembalikan Peran Masjid dalam Pembangunan Umat. Foto: Ilustrasi: Pemandangan Masjid Mevlana Yayasan Diyanet di Belanda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Perjalanan Ibadah haji dan umroh bisa menjadi momentum bagi umat Islam mengembalikan peran centeral masjid bagi kehidupan umat. Masjid tidak hanya digunakan untuk shalat lima waktu saja, akan tetapi bisa menjadi tempat pembangunan urusan umat.

"Oleh karena itu, lewat momentum haji ini kaum Muslimin hendaknya menyadari nilai strategis masjid dalam membangun kekuatan umat," tulis H Lukmanul Hakim Lc dalam karyanya Haji dan shalat berjamaah.

Baca Juga

Menurutnya, kekuatan umat dapat terbentuk di dalam masjid ini sebagaimana generasi terbaik umat ini (generasi salaf) telah menjadikan masjid sebagai pusat pemberdayaan umat terutama dalam aspek pendidikan agama dalam tataran teori maupun praktek.

"Jika kita mengamati keadaan kaum muslimin di seluruh pelosok dunia, maka akan kita dapati hal yang menggembirakan hati dan menenteramkan kalbu," katanya.