Konsumsi Obat Doksisiklin Dianjurkan untuk Cegah Malaria

Ilustrasi nyamuk Anophles penular malaria. Sebelum pergi ke daerah endemi malaria seperti Mimika disarankan minum doksisiklin.
Ilustrasi nyamuk Anophles penular malaria. Sebelum pergi ke daerah endemi malaria seperti Mimika disarankan minum doksisiklin.

REPUBLIKA.CO.ID, MIMIKA - Mengonsumsi obat doksisiklin merupakan salah satu langkah yang dianjurkan dalam pencegahan penyakit Malaria. Ketua Tim Posko Medis Arena Panjat Tebing SP2 Mimika Regina Chita mengatakan doksisiklin biasa dikonsumsi sebelum seseorang melakukan perjalanan ke kawasan endemis malaria seperti Mimika.

"Pencegahannya ada dua di sini, yang saya tahu. Untuk pencegahan malaria dari segi tamu dan dari segi tempat. Dari segi tamu, sebelum ke sini sudah harus minum obat buat pencegahan yaitu doksisiklin," Regina kepada ANTARA di Mimika, Ahad (3/10).

Baca Juga

Menurut Regina, mengonsumsi doksisiklin sebelum perjalanan akan membantu tubuh membunuh parasit yang sudah telanjur masuk saat terpapar atau digigit nyamuk Anopheles, pembawa parasit Plasmodium Sp. "Sehingga orang yang sudah tergigit tidak akan jatuh ke kondisi sakit malaria. Itu untuk yang traveling atau orang yang pertama kali bepergian ke kawasan endemi Malaria. Namun kalau untuk kami yang sudah lama tinggal di sini, itu sudah tidak perlu," kata Regina.

Selain meminum obat, upaya pencegahan lain yang dianjurkan adalah penyemprotan ruangan. Regina mengatakan tempat penginapan kontingen PON di Mimika juga sudah disemprot untuk mengantisipasi nyamuk malaria.

Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika juga menyiapkan nomor telepon 081343204626 untuk memberi pelayanan kesehatan 1x24 jam. Layanan diberikan kepada para atlet, ofisial, wasit, dan penonton dari luar Papua dan dari Papua selain Mimika untuk mengantisipasi pandemi Covid-19 dan endemi Malaria.

Komentar

Terkait


Infografis layanan kesehatan PON XX Papua.

Kemenkes Jamin Kesiapan Layanan Kesehatan PON XX Papua

Pebasket putra Banten Agassi Yeshe (kanan) berusaha melewati pebasket putra Jawa Tengah Muh ukhlisin (kiri) pada pertandingan babak penyisihan basket putra 5x5 PON Papua di GOR Sport Centre, Timika, Kabupaten Mimika, Papua, Ahad (3/10/2021). Tim basket putra Jawa Tengah menang melawan tim basket Banten dengan skor 76-60

Basket Putra Jateng Menang Melawan Banten

Venue dayung PON Papua di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Papua.

PUPR: PON XX Tunjukkan Kesiapan Infrastruktur Papua

Warga beraktivitas di area Stadion Lukas Enembe, Kompleks Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Ahad (3/10). Stadion Lukas Enembe selain menjadi lokasi pelaksanaan PON XX Papua juga menjadi destinasi warga papua untuk berfoto diarea tersebut juga bersama maskot PON XX Papua. Republika/Thoudy Badai

Satgas Prokes PON Papua Libatkan Relawan Bagikan Masker

Tim polo air putra Jawa Barat menghalangi atlet polo air putra DKI Jakarta Gyasi Kahlitijani P (tengah) saat pertandingan polo air putra pada PON Papua di Stadion Akuatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Papua, Ahad (3/10/2021). Tim polo air putra Jawa Barat berhasil menyumbang medali emas setelah mengalahkan tim polo air putra DKI Jakarta dengan skor 8-5.

Polo Air Putra Jabar Cetak Sejarah Raih Emas di PON Papua

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

Ikuti

× Image