Selasa 09 Nov 2021 15:50 WIB

Putri Rodrigo Duterte Mundur dari Pemilihan Wali Kota

Putri Duterte termasuk yang diunggulkan dalam pemilihan presiden.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sara Duterte-Carpio (berbaju merah muda, kanan).
Foto: EPA
Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sara Duterte-Carpio (berbaju merah muda, kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA--Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte mundur dari pemilihan wali kota untuk periode kedua di Kota Davao. Keputusan Selasa (9/11) ini diumumkan beberapa hari sebelum tenggat waktu perubahan untuk mendaftar dalam pemilihan presiden tahun depan.

Dalam pernyataannya di Facebook, Sara Zimmerman Duterte-Carpio menolak memberi alasan atas keputusan itu. Wali kota yang dikenal Inday Sara itu hanya memberitahu pendukungnya ia akan segera menyampaikan pengumuman selanjutnya.

Baca Juga

Ia salah satu orang yang diunggulkan dalam jajak pendapat pemilihan presiden sepanjang tahun ini. Ia kandidat favorit untuk menggantikan ayahnya. Tapi Inday Sara mengaku tidak ingin menjadi presiden.

Pada awal bulan Oktober lalu media Filipina ABS-CBN melaporkan Inday Sara akan maju dalam pemilihan presiden 2022. Sementara ajunda lama ayahnya yakni Senator Christopher Bong Go akan maju sebagai wakil presiden.

Namun ia mengajukan pencalonannya untuk kembali maju sebagai wali kota pada 3 Oktober lalu. ABS-CBN mewawancarai presiden Duterte setelah ia mengumumkan pensiun dari politik ketika ia menemani Senator Go mendaftar dalam pemilihan wakil presiden.

Ia ditanya 'jadi jelas Sara-Go?'. "Sara-Go," jawab Duterte.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement