Selasa 16 Nov 2021 14:22 WIB

Cara Sederhana untuk Mempercepat Kerja Laptop

Laptop yang lambat dapat menjadi penyebab utama hilangnya produktivitas dan fokus.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi laptop)
Foto: Flickr
(Foto: ilustrasi laptop)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laptop yang lambat dapat menjadi penyebab utama hilangnya produktivitas dan fokus. Laptop yang lambat juga bisa sangat membuat frustasi ketika Anda berada di tengah pekerjaan penting.

Ada tips sederhana yang dapat Anda ikuti untuk melihat peningkatan kinerja cepat pada laptop Anda, berikut ini ulasannya dilansir dari Indian Express.

Baca Juga

Keluar dari program latar belakang yang tidak digunakan

Program yang tidak digunakan saat ini, tetapi tetap berjalan, adalah alasan utama sumber penyebab laptop Anda menjadi lemot. Tutup jendela program apa pun yang tidak diperlukan dan Anda akan melihat peningkatan kinerja yang hampir seketika, terutama jika memiliki mesin laptop yang lebih tua.

Tidak semua program dapat ditutup begitu saja dengan menekan tombol “X”, Anda mungkin juga ingin mengawasi apa yang berjalan di latar belakang. Anda dapat melakukan ini dengan menekan Ctrl+Shift+Esc dan melihat apa yang berjalan di task manager Windows. Anda juga dapat memeriksa sistem Anda dengan menekan panah menghadap ke atas di sisi kanan taskbar untuk melihat apakah ada program yang berjalan di latar belakang.

Tutup tab browser yang tidak perlu

Apabila pekerjaan Anda membutuhkan untuk membuka browser setiap saat , Anda mungkin ingin menjaga jumlah tab yang terbuka seminimal mungkin jika mesin Anda tidak cukup cepat. Ingatlah bahwa semakin banyak tab yang terbuka di jendela browser, semakin berat beban RAM dan prosesor Anda.

Nyalakan kembali laptop Anda

Restart sederhana sesekali dapat membuat laptop lama Anda lebih baik dari yang Anda kira. Restart membersihkan memori cache sementara dan memungkinkan laptop Anda untuk memulai secara harfiah.

 

Copot Program yang tidak diperlukan

Yang ini cukup sederhana tetapi salah satu metode paling efektif untuk membebaskan sumber daya. Jika Anda mendapati diri Anda berulang kali menutup program ketika mereka mulai otomatis dan tidak membukanya untuk waktu yang lama, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menghapus program untuk saat ini.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement