Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

...

Empat Indikasi Kuat Messi akan Raih Ballon d'Or Lagi

Kamis 18 Nov 2021 05:30 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

 Selebrasi bintang Paris Saint-Germain dan timnas Argentina, Lionel Messi.

Selebrasi bintang Paris Saint-Germain dan timnas Argentina, Lionel Messi.

Foto: EPA-EFE/Ian Langsdon
Pesaing terdekat Lionel Messi kali ini hanya Lewandowski dan Jorginho.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Sejak pertama kali dihelat pada 1956, Ballon d'Or dianggap sebagai penghargaan paling prestisius yang diterima oleh pesepak bola. Pengakuan tertinggi terhadap kemampuan pesepak bola hadir lewat penghargaan pesepak bola terbaik sejagat keluaran France Football tersebut.

Sejauh dan sepanjang sejarah penghargaan itu digelar, tidak ada satu pemain pun yang mengoleksi lebih banyak trofi Ballon d'Or dibanding Lionel Messi. Pemain asal Argentina itu telah mengumpulkan enam gelar Ballon d'Or.

Dominasi pemain berjulk La Pulga di ajang ini dimulai pada 2009. Selama tiga tahun beruntun, Messi mempertahankan trofi Ballon d'Or. Sempat mendapatkan perlawanan sengit dari Cristiano Ronaldo pada dua tahun berikutnya, Messi kembali membawa pulang Ballon d'Or pada 2015.

Pemain berusia 34 itu akhirnya menjadi peraih terakhir Ballon d'Or sebelum pandemi Covid-19, yaitu pada 2019. Setelah tidak mengelar Ballon d'Or pada 2020 lantaran pandemi Covid-19, France Football kembali merilis kandidat peraih Ballon d'Or 2021.

Messi pun termasuk dalam 30 pemain yang masuk dalam daftar tersebut, selain Robert Lewandowski, Jorginho, Mohamed Salah, dan tentu saja Cristiano Ronaldo.

Catatan performa Messi pada musim lalu memang tidak bisa ditepikan begitu saja. Tampil di 47 laga di semua ajang, Messi mengemas 38 gol dan 14 assist buat Barcelona. Titel Copa del Rey menjadi persembahan terakhir pemain berjuluk La Pulga itu buat Blaugrana sebelum akhirnya hijrah ke Paris Saint Germain (PSG) pada awal musim ini.

Tidak berhenti sampai di situ, Messi juga menorehkan prestasi terbesar buat timnas Argentina pada Juli lalu. La Pulga akhirnya berhasil mempersembahkan trofi bergengsi pertama buat Albiceleste via torehan titel Copa America 2021. Raihan ini sekaligus mengakhiri puasa gelar Argentina di pentas Copa America, yang telah terentang sejak 1993.

Dengan torehan prestasi itu, Messi kembali difavoritkan untuk meraih Ballon d'Or. Namun, dalam upaya meraih trofi Ballon d'Or ketujuh, Messi mendapatkan persaingan sengit dari Robert Lewandowksi, yang tampil begitu konsisten dengan Bayern Muenchen dalam dua musim terakhir.

Begitu pula dengan keberhasilan Jorginho meraih titel Liga Champions bersama Chelsea dan trofi Euro 2020 bersama Italia. Kendati begitu, ada sejumlah sinyal yang mengisyaratkan Messi bakal menjadi pemenang di Ballon d'Or 2021.

Berdasarkan lansiran SportsKeeda, Kamis (18/11), setidaknya ada sejumlah indikasi yang menguatkan sinyal soal keberhasilan Messi merengkuh titel Ballon d'Or 2021.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile