Senin 20 Dec 2021 18:35 WIB

Kiprah Timnas Indonesia Hingga Tembus Semifinal Piala AFF 2020: Muda dan Berbahaya

Tiga pemain muda Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan jadi sorotan.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain timnas Indonesia di Piala AFF 2020.
Foto:

Pemain berikutnya yang layak mendapat perhatian adalah Asnawi Mangkualam. Pemuda berusia 22 tahun yang saat ini sedang merumput bersama tim Divisi II Liga Korea Selatan, Ansan Greeners, tampil impresif di bawah asuhan Shin Tae-yong.

photo
Pemain timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. - (Dok PSSI)

 

 

Kepemimpinan Asnawi otomatis membuatnya dipercaya menjadi kapten jika Evan Dimas tak masuk ke dalam starting line-up. Tanggung jawab yang diberikan pun diemban dengan bak saat melakoni laga berat kontra Vietnam dan Malaysia. Kepercayaan Shin terhadap Asnawi juga terbukti saat yang bersangkutan selalu tampil sebagai starter di fase grup.

Dengan kemampuan yang dimiliki, bukan tak mungkin Asnawi bakal menjadi kapten masa depan timnas Indonesia. Bahkan penyiar olahraga asal Malaysia, Faiz Gurun dan Keesh Mat, menyebut Rachmat Irianto dan Asnawi Mangkualam merupakan wujud nyata era baru sepak bola Indonesia.

Kemudian, publik tak bisa mengalihkan sorotan kepada bek kiri timnas Indonesia, Pratama Arhan, yang sukses menjadi man of the match Indonesia kontra Malaysia.

photo
Pemain sepak bola timnas Indonesia Irfan Jaya (kiri) dan Pratama Arhan (kanan) merayakan gol ke gawang timnas Malaysia dalam pertandingan Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Ahad (19/12). Indonesia berhasil menang dengan skor 4-1 sekaligus menjadi juara grup dan maju ke babak semifinal. - (PSSI)

 

 

Kepiawaiannya dalam lemparan bola menjadi salah satu andalan Indonesia membangun serangan. Pemain PSIS Semarang itu bahkan menunjukkan determinasi tingkat tinggi karena membantu suplai bola dari sisi kiri dengan sprint kencang dan operan terukur.

Pemuda yang akan berulang tahun ke-20 pada 21 Desember 2021 itu bahkan mencetak gol spektakuler lewat tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Itu jelas bukan keberuntungan mengingat Arhan memiliki kelebihan dalam sepakan terukur.

Di Piala Menpora awal tahun 2021 lalu, Arhan sempat mencetak gol dari tendangan bebas sehingga mendapat predikat gol terbaik di turnamen. Ini membuat namanya dipanggil ke timnas senior Indonesia pada Mei 2021.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement