Selasa 21 Dec 2021 20:37 WIB

Studi Terbaru Inggris: Belum Ada Bukti Omicron Lebih Ringan

Studi Imperial College Inggris nyatakan Omicron belum tentu lebih ringan.

Red: Nora Azizah
Studi Imperial College Inggris nyatakan Omicron belum tentu lebih ringan (Foto: ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Studi Imperial College Inggris nyatakan Omicron belum tentu lebih ringan (Foto: ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh Santi Sopia

Baca Juga

Para peneliti Inggris terus mencari tahu lebih dalam terkait infeksi omicron yang bisa menyebabkan Covid-19 parah atau ringan. Data baru dari Imperial College London telah menemukan belum ada bukti bahwa varian omicron menghasilkan penyakit yang lebih ringan dibandingkan dengan varian SARS-CoV-2 maupun delta.

Temuan terbaru datang dari Tim Respons Covid-19 Imperial College, kumpulan peneliti yang telah menawarkan pemodelan real-time tentang penyebaran SARS-CoV-2 sejak awal pandemi. Temuan mengonfirmasi hasil penelitian laboratorium Oxford baru-baru ini yang menunjukkan dua dosis vaksin tidak cukup untuk melindungi dari infeksi omicron. 

Data baru menemukan varian baru secara signifikan menurunkan kekebalan yang dihasilkan oleh vaksin dan infeksi sebelumnya. Memeriksa sekitar dua pekan data kasus di Inggris, laporan tersebut memperkirakan omicron terkait dengan risiko 5,4 kali lipat lebih tinggi untuk menginfeksi ulang mereka yang sebelumnya tertular virus dibandingkan dengan tingkat infeksi ulang varian delta. Melihat efektivitas vaksin, laporan tersebut memperkirakan dua dosis vaksin menawarkan perlindungan antara nol dan 20 persen dari infeksi omicron yang bergejala.

“Studi ini memberikan bukti lebih lanjut tentang sejauh mana omicron dapat menghindari kekebalan sebelumnya yang diberikan oleh infeksi atau vaksinasi,” kata Neil Ferguson, salah satu penulis laporan tersebut, dilansir dari New Atlas, Selasa (21/12).

Neil menyebutkan bahwa tingkat penghindaran kekebalan ini berarti bahwa omicron menimbulkan ancaman besar yang nyata bagi kesehatan masyarakat. Sementara, data baru tentang omicron yang menembus kekebalan yang sudah ada sebelumnya terhadap SARS-CoV-2 didukung oleh semakin banyak bukti dari seluruh dunia. Masih belum jelas seberapa parah penyakit yang disebabkan oleh varian ini. 

Meskipun tanda-tanda awal dari gelombang omicron pertama di Afrika Selatan memberikan indikasi bahwa varian ini mungkin ringan dibandingkan dengan varian sebelumnya, data baru Inggris menunjukkan bahwa tidak ada bukti bahwa itu benar.

“Kami tidak menemukan bukti baik untuk risiko rawat inap dan status gejala omicron memiliki tingkat keparahan yang berbeda dari delta, meskipun data rawat inap masih sangat terbatas,” kata para peneliti dalam laporan tersebut.

Tantangan besar yang dihadapi para peneliti saat ini dalam memastikan tingkat keparahan penyakit yang disebabkan oleh omicron adalah bahwa varian baru ini muncul ke dunia dengan tingkat kekebalan populasi berbeda secara fundamental dibandingkan varian sebelumnya. Butuh beberapa bulan bagi para ilmuwan, misalnya, untuk memastikan dengan jelas bahwa varian delta menyebabkan penyakit yang lebih parah dibandingkan dengan jenis SARS-CoV-2 sebelumnya. 

Bahkan kemudian, delta tidak mengarah ke puncak kematian yang lebih besar dibandingkan dengan varian sebelumnya. Hal itu karena infeksi sebelumnya dan kekebalan telah diinduksi vaksin.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement