Rabu 22 Dec 2021 12:31 WIB

Cara Merawat Kelistrikan Mobil

Sistem kelistrikan dalam mobil adalah salah satu instrumen yang cukup ringkih.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Rifat Sungkar. Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar membagikan tips soal perawatan kelistrikan dalam mobil.
Foto: ist
Rifat Sungkar. Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar membagikan tips soal perawatan kelistrikan dalam mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kinerja mobil ditunjang oleh berbagai sistem kelistrikan. Baik itu kelistrikan dalam sistem mesin, perlengkapan kendaraan, sistem infotainment dan sistem keamanan.

Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar membagikan tips soal perawatan kelistrikan dalam mobil.

Baca Juga

"Sistem kelistrikan dalam mobil adalah salah satu instrumen yang cukup ringkih. Pengedara harus selalu memperhatikan sistem kelistrikan mengingat persoalan elektrikal adalah persoalan gangguan dalam sehingga tidak mudah terlihat dan perlu cara khusus untuk melakukan diagnosa dan perbaikan," kata Rifat dalam diskusi virtual yang digelar oleh MMKSI beberapa waktu lalu.

Dia sangat menyarankan agar pengendara tak sembarangan dalam melakukan ubahan atau modifikasi komponen yang berkaitan dengan kelistrikan. Jika memang harus melakukan ubahan, maka pengendara disarankan untuk memasang relay.