Selasa 04 Jan 2022 14:35 WIB

WhatsApp Aero, Keunggulan Fitur dan Kenali Risiko Menggunakannya

WhatsApp Aero memiliki beberapa fitur yang tidak ada di WhatsApp.

Red: Dwi Murdaningsih
WhatsApp Aero adalah aplikasi pesan singkat versi modifikasi (MOB) yang memberikan pengguna lebih banyak fitur.
Foto: tangkapan layar
WhatsApp Aero adalah aplikasi pesan singkat versi modifikasi (MOB) yang memberikan pengguna lebih banyak fitur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembahasan tentang aplikasi WhatsApp Aero baru-baru ini sering diperbincangkan. Aplikasi modifikasi ini memiliki fitur-fitur yang tidak ada di WhatsApp biasa.

WhatsApp Aero merupakan aplikasi modifikasi dari WhatsApp. WhatsApp dibuat oleh Meta Platforms Inc, dulu bernama Facebook Inc.

Baca Juga

Meta secara resmi memiliki dua jenis aplikasi untuk WhatsApp, yaitu aplikasi WhatsApp reguler untuk pesan instan sehari-hari dan WhatsApp Business untuk pengguna yang menjalankan bisnis, misalnya toko online.

Sementara aplikasi modifikasi, sering disebut Mod APK, modded apps atau modded APK, merupakan hasil modifikasi dari aplikasi resmi. Aplikasi seperti ini biasanya menawarkan fitur-fitur yang belum ada di aplikasi resmi.

WhatsApp Aero memang memberikan fitur-fitur yang selama ini belum ditemui di WhatsApp, seperti menghilangkan status sedang online. Pada WhatsApp biasa, pengguna akan berstatus sedang online jika membuka aplikasi WhatsApp.

Tidak ada jalan lain pada WhatsApp biasa untuk tidak terlihat online saat sedang membuka aplikasi, kecuali membuka aplikasi tanpa menyalakan internet. WhatsApp juga tidak menyediakan fitur untuk mengunduh status pengguna lainnya, namun, WhatsApp Aero bisa.

Selain itu, WhatsApp Aero juga menyediakan fitur untuk melihat pesan yang sudah dihapus, sementara di WhatsApp tidak ada. WhatsApp Aero saat ini hanya bisa diunduh di toko aplikasi pihak ketiga, diluar tempat resmi seperti Google Play Store dan Apple App Store.

Salah satu keuntungan mengunduh dari pasar aplikasi resmi adalah keamanan terjamin karena Google dan Apple sudah membuat sistem agar aplikasi yang masuk tidak berbahaya. Para pakar keamanan siber juga selalu meminta pengguna untuk mengunduh aplikasi hanya dari tempat yang resmi. Sudah banyak riset yang menemukan aplikasi unduhan dari tempat tidak resmi disusupi malware atau spyware.

Risiko keamanan lainnya, seringkali ditemui aplikasi yang diunduh dari tempat tidak resmi terlalu banyak meminta izin akses, yang tidak ada hubungannya dengan layanan yang diberikan. Salah satu contoh izin akses berlebihan dalam sebuah aplikasi ditemukan pada kasus pinjaman online ilegal, yang bisa mengakses semua nomor kontak yang ada di ponsel.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Baqarah ayat 185)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement