Jumat 07 Jan 2022 21:15 WIB

Transfer Musim Dingin Liga Primer Inggris Bergelimang Bintang, Siapa Saja?

Coutinho dijadwalkan akan tiba di Birmingham, Inggris pada hari ini.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo Liga Primer Inggris
Foto: premierleague.com
Logo Liga Primer Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bursa transfer musim dingin Premier League mulai bergeliat setelah dibuka sejak 1 Januari 2021 lalu. Beberapa nama bintang pun menghiasi jual-beli pemain di kompetisi Negeri Ratu Elizabeth tersebut. 

Teranyar, nama Philippe Coutinho mendadak muncul ke permukaan setelah dirinya resmi dipinjamkan oleh Barcelona ke Aston Villa hingga akhir musim 2021/22. Pemain berpaspor Brasil itu pun kembali merumput di tanah Inggris setelah hengkang dari Liverpool pada Januari 2018 silam. 

Baca Juga

Dilansir laman resmi Barcelona, Jumat (8/1/2022), terdapat klausul yang memungkinkan Coutinho akan dipermanenkan Aston Villa di musim berikutnya. Selama enam bulan ke depan, gaji mantan pemain Liverpool itu juga akan dibayar sebagian oleh Aston Villa. 

"FC Barcelona dan Aston Villa sudah sepakat untuk meminjamkan Philippe Coutinho hingga akhir musim. Dalam kesepakatan, pemain akan segera menjalani tes medis setelah mendapat izin kerja, termasuk persoalan tentang transfer permanen," bunyi pernyataan resmi klub. 

Coutinho dijadwalkan akan tiba di Birmingham, Inggris pada hari ini waktu setempat untuk menyelesaikan segala proses administrasi di tempat barunya. 

Pemain berusia 29 tahun itu sudah empat tahun berada di Camp Nou. Namun, perjalanannya menemui lika-liku karena sempat dipinjamkan ke Bayern Muenchen pada musim 2019/20.

Saat membela Bayern Muenchen, dirinya bahkan sempat mencicipi satu gelar Liga Champions edisi 2019/20. Namun setelah itu, Coutinho kembali dipulangkan ke Barcelona. 

Bersama Blaugrana, dirinya mencatat 106 penampilan dengan kontribusi 26 gol, 65 kemenangan, 24 hasil imbang, dan 15 kekalahan. 

Nama lain yang tak kalah mentereng adalah Kieran Trippier. Mantan bek Tottenham Hotspur itu juga kembali melanjutkan karier di Inggris setelah direkrut Newcastle United. Padahal kontrak yang bersangkutan masih tersisa 18 bulan di Atletico Madrid.

Tripper setuju diikat kontrak berdurasi 2,5 tahun atau hingga akhir musim 2023/24 bersama The Magpies. Nilai transfer 12 juta poundsterling dikabarkan menarik hati pemain berusia 31 tahun tersebut. 

"Saya sangat menikmati waktu-waktu bersama (Atletico) Madrid), tapi saya tertarik dengan tawaran Newcastle United dan sudah bekerja dengan Eddi Howe sebelumnya. Saya tahu ini tempat yang tepat," ujarnya. 

Trippier menyatakan siap mempertahankan Newcastle di Premier League musim ini meski timnya berada di jurang degradasi. Dengan catatan satu kemenangan musim ini, ia menyadari memiliki tugas yang berat bersama tim barunya. 

"Saya paham ada banyak pekerjaan untuk kami. Tapi Newcastle punya banyak pemain berbakat. Saya tidak sabar untuk melangkah di St. James Park sebagai pemain Newcastle," ucapnya. 

Newcastle nampaknya ingin membuktikan diri sebagai salah satu klub tajir melintir setelah dibeli keluarga Kerajaan Arab Saudi pada Oktober 2021 lalu. Selain Trippier, mereka dikabarkan sedang mendekati bek Barcelona, Samuel Umtiti untuk mempertebal barisan pertahanan tim. 

Newcastle kabarnya siap menggelontorkan dana 20 juta poundsterling untuk menggaet bek asal Prancis tersebut. Namun, belum ada tanggapan dari pihak Barcelona soal ini. 

Belum sampai di sana, Newcastle juga berusaha memperluas radar pencarian mereka di tim lain. Sadar hubungan Pierre-Emerick Aubameyang dan Arsenal sedang renggang akhir-akhir ini, Newcastle dipercaya sedang berusaha membujuk striker asal Gabon itu untuk merapat. 

Pencopotan ban kapten dari lengan Aubameyang dapat menjadi alasan rasional bagi dirinya untuk pindah haluan ke tim lain. Bukan tak mungkin, ia bakal menemukan kembali ketajamannya sebagai mantan top skorer Bundesliga Jerman ketika masih berseragam Borussia Dortmund. 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement