Rabu 12 Jan 2022 14:43 WIB

Ajak Warga Belanja di UMKM, Kelompok Binaan Airlangga Hartarto Keliling Jateng-Yogya

Fokus kegiatan di pemberdayaan UMKM.

Red: Muhammad Hafil
Ajak Warga Belanja di UMKM, Kelompok Binaan Airlangga Hartarto Keliling Jateng-Yogya
Foto: Dok Republika
Ajak Warga Belanja di UMKM, Kelompok Binaan Airlangga Hartarto Keliling Jateng-Yogya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Komunitas UMKM usAHA yang dibina Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, berkeliling Jawa Tengah dan Yogyakarta melakukan serangkaian kegiatan untuk mengkampanyekan belanja di UMKM. Kota Semarang menjadi kota pertama di Jawa Tengah yang disambangi tim UMKM usAHA.

Kegiatan yang dikemas dalam rangkaian _usAHA on The Road_ ini adalah kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang berlangsung akhir tahun lalu di Jawa Barat.

Baca Juga

Koordinator UMKM usAHA Kota Semarang, Ongki Vernanda (23 tahun) menjelaskan, program ini akan berjalan di beberapa titik di Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta. "Program ini sudah di lakukan di Kota Semarang dan akan dilakukan di Kabupaten Semarang, Salatiga, Solo, kemudian di Yogyakarta," jelas Ongki saat diwawancarai, Selasa (11/1). 

Ongki menuturkan bentuk kegiatan yang akan dilakukan adalah _usAHA Borong Usaha_, dimana tim dari UMKM usAHA akan berhenti di satu titik tempat berkumpulnya pedagang kaki lima dan memborong dagangannya untuk dibagikan pada masyarakat secara gratis.

"Intinya kita bantu PKL, sekaligus kampanye untuk ayo belanja di warung-warung UMKM. Selain bermanfaat untuk pedagang, ini bermanfaat juga untuk warga, bisa nyicipin gratis dagangan si PKL ini. Siapa tau kedepannya jadi langganan," tutur Ongki. 

"Hari ini kegiatan borong usaha kita lakukan di dua titik. Pertama di Taman Tirto Agung, Pedalangan. Kedua di depan Gedung GRIS, Jalan Demah, Pedurungan, Semarang," imbuhnya.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan positif dari warga sekitar. Salah satunya adalah, Bagus Utama (22). Mahasiswa asal Kendal ini mengatakan dirinya sudah sering mendengar soal komunitas UMKM usAHA. Dia sengaja datang ke lokasi kegiatan usAHA Borong Usaha untuk menikmati kudapan gratis. Bagus mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pedagang kecil, terlebih di tengah situasi pandemi. 

"Menurut saya, kegiatan ini bagus dan bermanfaat banget, karena sangat membantu pedagang kecil, selain itu buat masyarakat juga baik karena bisa nyicipin jajanan UMKM kita, terus masyarakat jadi tahu kalau Pak Airlangga Hartarto ini punya program khusus untuk meningkatkan UMKM. Di sisi lain, kan masih kondisi pandemi, jadi bisa menolong pegadang kecil lah intinya," kata Bagus. 

UMKM usAHA adalah komunitas UMKM binaaan Airlangga Hartarto, yang kegiatannya berfokus pada pemberdayaan UMKM. Tidak hanya _usAHA Borong Usaha_, komunitas tersebut juga memiliki program lain,  seperti pelatihan _WirausAHA Maju_, lalu _usAHA Bantu Usaha_ yang bertujuan untuk membantu masalah permodalan, dan _usAHA Kita_ yang membantu mempromosikan dagangan UMKM secara digital. 

Menurut Ongki Vernanda, komunitas UMKM usAHA telah terbentuk di Kota Semarang sejak setahun lalu dan hingga saat ini ada 830 UMKM yang sudah tergabung.

"Kegiatan ini sejalan dengan program pembina kami Pak Airlangga Hartarto, untuk mendorong  pemulihan ekonomi di masa pandemi. Apalagi kan UMKM ini ya pilar ekonomi bangsa,"  kata Ongki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement