Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Telkom: 5G Mining Positif untuk Industri Pertambangan

Ahad 16 Jan 2022 10:49 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda

PT Telkom Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan PT Freeport Indonesia salam meluncurkan teknologi baru di sektor pertambangan atau teknologi 5G mining pada Mei tahun ini.

PT Telkom Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan PT Freeport Indonesia salam meluncurkan teknologi baru di sektor pertambangan atau teknologi 5G mining pada Mei tahun ini.

Foto: Istimewa
Dengan konektivitas Hyper 5G, koneksi jaringan dapat menjangkau seluruh area tambang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Telkom Indonesia (Persero) berkolaborasi dengan PT Freeport Indonesia salam meluncurkan teknologi baru di sektor pertambangan atau teknologi 5G mining pada Mei tahun ini.

Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia Pujo Pramono mengatakan perkembangan teknologi 5G dengan koneksi yang lebih cepat, kapasitas lebih tinggi, dan latensi yang kecil memungkinkan dikembangkannya use case yang lebih andal untuk mendukung proses bisnis di industri, termasuk pertambangan.

Baca Juga

"Dengan konektivitas Hyper 5G, koneksi jaringan dapat menjangkau seluruh area pertambangan serta dibangunnya solusi digital berbasis mobile dan Internet of Things (IoT) sehingga memungkinkan implementasi Smart Mining solution," ujar Pujo pada Ahad (16/1/2022).

Pujo menjelaskan Smart Mining solution tersebut antara lain meliputi autonomous vehicle/truck, remote operation, remote dan predictive maintenance, real-time monitoring melalui CCTV kamera maupun drone survaillance, AR/VR, dan solusi lainnya.

Menurut Pujo, Smart Mining akan memberikan dampak positif bagi industri pertambangan, bukan hanya terkait efisiensi dan produktivitas, melainkan juga peningkatan keamanan para pekerja tambang maupun mendukung proses pertambangan yang berkelanjutan.  

"Saat ini TelkomGroup melalui Telkomsel sedang mempersiapkan deployment konektivitas 5G di site mining dan mempersiapkan desain teknis solusi 5G Smart Mining yang akan diimplementasikan pada perusahaan mining," ungkap Pujo.

Pujo menyampaikan TelkomGroup selalu berkomitmen mendukung transformasi digital berbagai sektor korporasi di Indonesia, termasuk pertambangan yang berkontribusi terhadap pertumbuhan pendapatan Indonesia. Selain itu, Pujo katakan, pertambangan juga merupakan sumber daya strategis yang dimiliki pemerintah.

Pujo menyebut implementasi digitalisasi dan inovasi di perusahaan pertambangan dengan didukung konektivitas selular dan teknologi 5G menjadikan sektor pertambangan berkembang menjadi industri berteknologi tinggi yang memungkinkan perusahaan untuk memonitor operasi dan produksi secara real-time.

"Proses pengambilan data secara real-time yang lebih akurat dan tetap aman, analisa data yang dapat dilakukan dengan cepat sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan segera, yang pada akhirnya menjadikan proses eksplorasi sumber daya tambang di Indonesia akan menjadi lebih efisien dan efektif," kata Pujo menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile