Rabu 26 Jan 2022 19:13 WIB

Cara Cek Password Akun Gmail yang Dibobol Peretas

Ribuan kata sandi dijual di dark web setiap hari.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Gmail untuk iOS. Ilustrasi
Foto: Imore
Gmail untuk iOS. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Daftar berisi ribuan kata sandi dijual setiap hari di dark web kepada penjahat, penipu, dan peretas. Saat ini, ada lebih dari 15 miliar kata sandi yang dicuri di dark web, media sosial, perbankan daring, dan bahkan Netflix.

Dengan kecanggihan teknologi, seseorang bisa mendapatkan akses ke semua informasi pribadi Anda dan rahasia terdalam. Oleh karena itu, pengguna Gmail dan Google diperingatkan bahwa mereka mungkin telah diretas tanpa sadar, terutama jika mereka menggunakan kata sandi yang sama di banyak situs.

Baca Juga

Jika satu situs web berhasil dibobol, peretas akan berpotensi menggunakan kata sandi Anda dari situs web itu untuk masuk di situs web lain yang Anda gunakan. Bagian yang paling menakutkan adalah tidak ada yang akan memberi tahu Anda apakah Anda telah menjadi korban pembobolan kata sandi kecuali Anda memeriksanya sendiri.

Dengan menerima konde ke ponsel Anda setelah mengetikkan kata sandi secara daring, ini akan memastikan hanya Anda yang dapat masuk ke Gmail. Meskipun sedikit merepotkan, cara ini merupakan salah satu yang terbaik untuk melindungi diri sendiri. Namun, masih ada peluang Anda mungkin masih belum aman.

Kata sandi terbaik menggunakan kombinasi huruf, angka, huruf besar, dan karakter khusus. Semakin Anda mencampuradukkannya, semakin baik kata sandi Anda untuk menghindari peretas. Anda juga ingin memastikan mereka berbeda di setiap situs web yang Anda gunakan dan Anda memiliki otentikasi dua faktor yang diaktifkan sedapat mungkin.

Cara periksa kata sandi yang telah dicuri di Google

Dilansir Daily Star, Rabu (26/1), menggunakan alat Pemeriksaan Kata Sandi Google sangat mudah. Pertama, buka Google Password Manager Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengunjungi passwords.google.com. Anda akan menerima konfirmasi yang meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda. Masukkan kata sandi Google biasa Anda dan klik “Berikutnya.”

Selanjutnya, Anda akan dibawa ke layar Pemeriksaan Kata Sandi yang akan menunjukkan apakah kata sandi Anda telah disusupi atau dicuri, seberapa unik kata sandi Anda, dan akun daring apa pun yang Anda miliki yang memiliki kata sandi lemah yang perlu diperbarui.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement