Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

 

7 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kawasan Maliobro akan Dipercantik dalam Tiga Bulan ke Depan

Jumat 11 Feb 2022 14:32 WIB

Red: Nora Azizah

Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Wisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta.

Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Kawasan Malioboro dipercantik karena masuk dalam cagar budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Pemerintah Kota Yogyakarta bakal mempercantik kawasan Malioboro. Upaya perbaikan berbagai sarana dan bangunan di kawasan itu selama tiga bulan.

 

"Harapan saya dalam waktu tiga bulan ini perbaikan-perbaikan, rehab tegel, (saluran pembuangan) limbah, air, dan sebagainya sudah bisa kita lakukan," kata Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat jumpa pers di trotoar depan Gedung DPRD DIY, Jumat (11/2/2022).

Baca Juga

Menurut Sultan, setelah seluruh PKL pindah ke Teras Malioboro 1 dan 2, fokus Pemda DIY dan Pemkot Yogyakarta kini ialah membuat kawasan ikon wisata Yogyakarta itu nyaman bagi pengunjung. "Bagaimana suasana yang ada di sini ini juga makin nyaman bagi mereka yang menikmati Malioboro," kata Ngarsa Dalem, sapaan Sultan HB X.

Dengan demikian, ujar dia, tidak cukup hanya dibersihkan, melainkan diperlukan pengecekan serta perbaikan berbagai sarana seperti tempat duduk, kondisi trotoar, hingga kondisi cat bangunan di kawasan itu. 

"Kami juga akan melangkah untuk toko-toko dan sebagainya, pengecatan, menyangkut masalah perbaikan lampu kabel, pembersihan salurah limbah air dan sebagainya itu nanti kita sama-sama perbaiki semua," kata dia.

Karena menjadi bagian dari cagar budaya, menurut Sultan, fasad atau sisi muka bangunan pertokoan di sepanjang kawasan Malioboro juga akan diperbaiki. Seiring penataan lanjutan tersebut, menurut Sultan, Balai Cagar Budaya Kota Yogyakarta juga bakal menggelar pentas seni dan budaya setiap Selasa dan Sabtu di lokasi baru PKL yakni di Teras Malioboro 1 dan Teras Malioboro 2.

"Mungkin juga ada program acara-acara lain yang mungkin itu akan disusun oleh Balai Cagar Budaya yang ada di Kota Yogyakarta baik itu galeri seni atau 'street art' di sepanjang Malioboro," tutur Sultan.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menambahkan bahwa dalam penataan lanjutan selama tiga bulan itu, warna bangunan termasuk pertokoan yang ada di Malioboro akan diselaraskan dengan cat warna putih mengacu kondisi awal kawasan itu.

"Kami juga akan melihat contoh daripada cat yang sebenarnya di (bangunan) BPD di ujung utara sisi barat kawasan Cagar Budaya Malioboro ini. Jadi nanti warnanya akan kita seragamkan supaya lebih indah lagi," kata Haryadi.

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile