Kamis 17 Feb 2022 23:59 WIB

Peningkatan COVID-19 Kaltim karena Perjalanan dan Transmisi Lokal

Satgas Covid laporkan kasus positif hingga 17 Febuari mencapai 1.788 orang

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron.  Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak menegaskan, peningkatan kasus COVID-19 di wilayah setempat diakibatkan dari pelaku perjalanan luar daerah dan transmisi lokal.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak menegaskan, peningkatan kasus COVID-19 di wilayah setempat diakibatkan dari pelaku perjalanan luar daerah dan transmisi lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Timur Andi Muhammad Ishak menegaskan, peningkatan kasus COVID-19 di wilayah setempat diakibatkan dari pelaku perjalanan luar daerah dan transmisi lokal.

"Kalau bercermin kasus varian Delta pada Juli - Agustus 2021. Hal serupa sudah terjadi saat ini. Jadi peningkatan kasus positif akibat pelaku perjalanan dari luar daerah terutama dari Pulau Jawa dan Bali, serta transmisi lokal," kata Andi Muhammad Ishak, Kamis.

Diketahui varian baru (Omicron), lanjut Andi Ishak, satu kasus positif bisa menulari lima sampai enam orang berikutnya, sehingga sangat wajar kondisi ini ada peningkatan dan akan terus terjadi."

Jika satu daerah sudah meninggi, kalau dilakukan tracing dengan baik maka akan ditemukan kasus cukup banyak," ujarnya. Diakuinya, justru cara tracing itu benar, agar tidak sempat menular kepada orang lain yang sehat atau transmisi lokal.

"Inilah yang terjadi sekarang dan sulit dihindari, transmisi lokal," ungkapnya. Untuk bisa menekan terjadinya penularan, lanjutnya, kerja sama dan dukungan semua pihak, terutama masyarakat agar setiap beraktivitas tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan lebih ketat ditambah ikuti vaksinasi.

Update perkembangan COVID-19 di Kaltim, Kamis per 17 Februari 2022, kasus terkonfirmasi positif 1.788 kasus, dari Balikpapan 685 kasus, Samarinda (342), Kutai Timur (221) Bontang (172), Kutai Kartanegara (168), Penajam Paser Utara (76), Berau (38) dan Kutai Barat (35), Mahakam Ulu (6), dan Paser (24), sehingga total kumulatif positif 167.233 kasus.

Pasien sembuh 283 kasus, sehingga total 154.689 kasus. Meninggal dunia 9 kasus dari Balikpapan 3 orang, Berau 2 orang, Kutai Kartanegara 2 orang, Kutai Timur dan Samarinda masing-masing 1 orang, sehingga total meninggal 5.472 orang. Kasus aktif dirawat 1.496 kasus, sehingga berjumlah 7.072 pasien.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَرَفَعَ اَبَوَيْهِ عَلَى الْعَرْشِ وَخَرُّوْا لَهٗ سُجَّدًاۚ وَقَالَ يٰٓاَبَتِ هٰذَا تَأْوِيْلُ رُءْيَايَ مِنْ قَبْلُ ۖقَدْ جَعَلَهَا رَبِّيْ حَقًّاۗ وَقَدْ اَحْسَنَ بِيْٓ اِذْ اَخْرَجَنِيْ مِنَ السِّجْنِ وَجَاۤءَ بِكُمْ مِّنَ الْبَدْوِ مِنْۢ بَعْدِ اَنْ نَّزَغَ الشَّيْطٰنُ بَيْنِيْ وَبَيْنَ اِخْوَتِيْۗ اِنَّ رَبِّيْ لَطِيْفٌ لِّمَا يَشَاۤءُ ۗاِنَّهٗ هُوَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ
Dan dia menaikkan kedua orang tuanya ke atas singgasana. Dan mereka (semua) tunduk bersujud kepadanya (Yusuf). Dan dia (Yusuf) berkata, “Wahai ayahku! Inilah takwil mimpiku yang dahulu itu. Dan sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya kenyataan. Sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari penjara dan ketika membawa kamu dari dusun, setelah setan merusak (hubungan) antara aku dengan saudara-saudaraku. Sungguh, Tuhanku Mahalembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Yang Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. Yusuf ayat 100)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement