Selasa 08 Mar 2022 14:56 WIB

Tinjau AWR Kementan, Wapres dan Mentan Pastikan Pangan Aman Jelang Ramadhan

Upaya memastikan ketersediaan pangan menjadi hal yang sangat krusial jelang Ramadhan

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Gita Amanda
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di pusat data Agriculture War Room (AWR) Kementan, (ilustrasi).
Foto: Kementan
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di pusat data Agriculture War Room (AWR) Kementan, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan pemantauan kondisi produksi dan ketersediaan pangan melalui fasilitas Agriculture War Room (AWR) di Kantor Pusat Kementan, Selasa (8/3/2022).

Upaya memastikan ketersediaan pangan menjadi hal yang sangat krusial untuk dilakukan jelang Ramadhan. Faktanya permintaan pangan sebagai kebutuhan pokok di bulan ini kerap mengalami peningkatan yang signifikan, sehingga seringkali memicu gangguan distribusi, kelangkaan, hingga kenaikan harga di pasar.

Baca Juga

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengatakan ketersediaan pangan dalam kondisi yang cukup dan aman. Ia memastikan Ramadhan yang jatuh di awal Bulan April mendatang dapat berjalan kondusif karena stok pangan sebagai kebutuhan dasar masyarakat terjamin dan tercukupi.

“Saya meninjau kementan dan dapat penjelasan tentang ketersediaan bahan pokok khsusunya dalam menghadapi Ramadhan dan Hari Raya. Ini penting, saya tekankan tidak ada kekurangan seperti isu kedelai ataupun minyak goreng,” kata Ma'ruf.